Dinas Dikbudpora Kab. Tebo


Muara Tebo, Disdikbudpora – Dalam mendukung program pendataan pendidikan dalam skala nasional yakni Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang berlakukan untuk seluruh sekolah pada jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Dikdas (Pendidikan Dasar) dan jenjang Dikmen (Pendidikan Menengah), Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga telah mengalokasikan dana daerah yang diterimakan bagi seluruh operator sekolah yakni Dapodik PAUD Dikmas, Dapodik SD-SMP-SLB, dan juga Operator Dapodik SMA-SMK se-kabupaten Tebo.

Pembayaran honor operator sekolah disambut dengan sangat antusias oleh seluruh operator sekolah yang memenuhi ruangan aula Dinas Dikbudpora yang digelar pada hari Selasa, 27 April 2016 mulai pukul 14.00 WIB tersebut. Selain bagi operator sekolah, honorarium tersebut juga diberikan pada seluruh Operator UPTD Disdikbdupora di seluruh kecamatan se-kabupaten Tebo dengan besaran yang sama.

Berdasarkan penjelasan dari Bpk. Firdaus Bakti selaku PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo dalam hal pembayaran honor operator sekolah, untuk saat ini pembayaran dilakukan untuk seluruh operator sekolah negeri, sedangkan untuk sekolah swasta juga telah diajukan pada bagian perencanaan keuangan dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo. Selain itu, beliau juga berpesan agar seluruh operator sekolah senantiasa meningkatkan kualitas kinerjanya dalam pendataan pendidikan melalui aplikasi Dapodik yang mana dari aplikasi Dapodik ini akan menjadi dasar kebijakan pemerintah dalam penerimaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sertifikasi guru baik yang PNS maupun yang non PNS, pendataan Ujian Nasional, Program Indonesia Pintar (PIP), bantuan dana rehab sekolah, maupun kebijakan-kebijakan penting pemerintah dalam bidang pendidikan bagi sekolah bersangkutan.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Bpk. Atrinuriza selaku operator Dapodik jenjang Pendidikan Dasar Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo menekankan untuk optimalisasi dan meningkatkan kualitas data yang diinputkan oleh seluruh operator pada seluruh jenjang pendidikan. Seperti halnya pada tab demi tab serta pada setiap rincian data dalam aplikasi Dapodik mulai dari data sekolah, data sarana-prasarana, data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) baik yang PNS maupun Non PNS, data peserta didik, dan lain-lain dalam aplikasi Dapodik dilengkapi berdasarkan dokumen / bukti fisik yang valid, sehingga sangat diharapkan adanya peningkatan kualitas data pendidikan di wilayah kabupaten Tebo yang akan semakin baik ke depannya.

Selain itu, beliau juga berpesan kepada seluruh operator sekolah pada seluruh jenjang untuk menyampaikan setiap informasi yang saat ini dapat diakses oleh seluruh operator sekolah melalui media online / internet seperti halnya pada jejaring sosial facebook “Dapodik Tebo” untuk disampaikan kepada kepala sekolah, guru, maupun siswa.

Untuk mengetahui informasi penting dan terupdate ditekankan pada setiap operator sekolah pada seluruh jenjang pendidikan di wilayah kabupaten Tebo untuk bergabung pada grup Dapodik Tebo, khusus untuk Operator Dapodik PAUD Dikmas di wilayah kabupaten Tebo silahkan bergabung di sini, dan untuk Operator Dapodik jenjang SMA/SMK di wilayah kabupaten Tebo dapat bergabung di sini.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan yang berlangsung di aula Disdikbudpora Kabupaten Tebo, Selasa, 27 April 2016 :



Untuk tahun anggaran 2016, honor operator sekolah diterimakan sebesar Rp. 300.000,- / bulan dan pada pembayaran kali ini diterimakan sekaligus untuk 6 bulan (periode bulan Januari s.d. Juni 2016), sehingga setiap operator sekolah mendapatkan Rp. 1.800.000,- dan tentu saja bagi operator sekolah yang berstatus PNS akan dikenakan pajak yang besarannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagi operator sekolah yang belum dapat hadir pada hari ini, diberikan waktu 2 (dua) hari ke depan untuk langsung mengambil honor operator sekolah pada kantor Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo pada jam kerja. Dan khusus untuk honor operator SLB akan diterimakan menyusul dalam waktu dekat.

Pada akhirnya, dari perhatian lebih dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo melalui Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo yakni dengan adanya honorarium khusus bagi seluruh Operator Sekolah pada seluruh jenjang pendidikan di tahun 2016 ini diharapkan dapat lebih memacu semangat kerja seluruh operator sekolah di wilayah kabupaten Tebo untuk mewujudkan data pendidikan yang benar-benar berkualitas. 

Diberdayakan oleh Blogger.