Dinas Dikbudpora Kab. Tebo


Muara Tebo, Disdikbudpora – Menindaklanjuti surat undangan Dinas Dikbudpora Nomor 420/580/Dikbudpora/2016, Workshop Penyusunan Kurikulum SD dan SMP Se-Kabupaten Tebo yang digelar pada hari Senin, tanggal 4 Mei 2016 Tahun 2016 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo, Bpk. Zulkifli, S.Pd.M.Si.

Acara yang berlangsung mulai pukul 8.30 WIB tersebut diikuti oleh seluruh kepala sekolah SD Inti dan seluruh wakil kepala sekolah SMP bidang kurikulum se-kabupaten Tebo. Dalam acara tersebut mengambil tema “Ciptakan Peserta Didik Berkarakter dan Berbudaya MEA”. MEA (Masyarakan Ekonomi Asean) merupakan sebuah agenda integrasi ekonomi negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk menghilangkan, jika tidak, meminimalisasi hambatan-hambatan di dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas kawasan, misalnya dalam perdagangan barang, jasa, dan investasi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa jajaran Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo di antaranya : Bpk. Triyatna, S.Pd.M.Si (Sekdis) Kabid Dikdas (Bpk. A. Dumyati, S.Pd), dan Bpk. Ahmad Abrar, S.Pdi, M.Pdi (Kasi Kurikulum Dikdas).

Selanjutnya, selaku narasumber dalam workshop yang digelar Penyusunan Kurikulum SD dan SMP Se-Kabupaten Tebo Tahun 2016 tersebut adalah Bpk. Drs. Jaka Suyana, M.Si (Koordinator Pengawas), Ibu Arumsari Anastasia, S.Pd,M.Si (Pengawas SMP) dan juga Bpk. Pahrawi, S.Pd (Pengawas SD).

Pada awal sesi kedua, Sekdis Dikbudpora, Bpk. Triyatna, S.Pd, M.Si juga menampilkan contoh surat undangan palsu yang mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, oleh karena itu, beliau berpesan agar setiap sekolah jika mendapakan surat apapun baik melaui media online ataupun secara langsung seperti akan adanya program bantuan bagi sekolah hendaknya mengkoordinasikan kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tebo terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selang beberapa saat kemudian, acara workshop dilanjutkan. Pemateri menyampaikan tugas wakil kepala sekolah bidang kurikulum cukup berat sehingga wajarlah jika tugas tambahannya ekuivalen dengan 12 tatap muka, dan salah satu tugasnya adalah menyusun Buku I KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang dikupas dalam acara ini. Selain itu, beliau juga menyampaikan dalam bagian kalender pendidikan, setiap wakil kepala sekolah juga harus menjabarkan secara rinci oleh sekolah tanpa mengurangi jam ataupun jumlah minimal hari ataupun minggu efektif.

Dan khusus untuk jenjang SD, dikarenakan tidak adanya wakil kepala sekolah, maka kepala sekolah berfungsi ganda dalam hal ini, yakni bertanggung jawab dalam penyusunan Buku I KTSP. Selain itu, seperti halnya Wakasek SMP, Kepsek SD juga melakukan upaya optimal bersama seluruh guru yang ada di sekolahnya dalam penyesuaian antara Buku I KTSP, Buku 2 Silabus dan RPP, Buku 3 Pedoman Penilaian, dan dengan perangkat pembelajaran lainnya.

Setelah seluruh materi dan tanya jawab digelar ada beberapa hal yang perlu menjadi : Setiap sekolah pada jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Tebo wajib mengumpulkan Dokumen I KTSP Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 2 jilid (I jilid untuk arsip dinas dan I jilid lagi untuk diberikan kembali kepada sekolah) setelah Dokumen I KTSP direview sekaligus diadakan perbaikan jika diperlukan dan selanjutnya disahkan oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo.

Pengumpulan dokumen I KTSP dan bukti fisik penyusunan KTSP kami beri waktu 2 minggu ke depan” ujar Bpk. Drs. Jaka Suyana, M.Si.

Dan pada sesi penutupan dilakukan oleh Bpk. Dumyati, S.Pd serta diawali dengan beberapa pesan penting bagi seluruh peserta di antaranya akan adanya semacam pelatihan bagi guru yang nilai UKG 2015 masih di bawah standar, selain itu pula beliau menyampaikan jadwal pelaksanaan ujian semester genap bagi seluruh siswa kelas 7 dan 8 jenjang SMP yang digelar mulai tanggal 23 sampai 28 Mei 2016 yang berlangsung serentak se-Kabupaten Tebo.

Diberdayakan oleh Blogger.