Dinas Dikbudpora Kab. Tebo

Dikbudpora Tebo, 30 Mei 2015
Pelatihan Guru Sasaran Pelaksana Kurikulum 2013 Jenjang SD Di Kabupaten Tebo dilaksanakan serantak di Kabupaten Tebo.
Pelaksanaan Kurikulum 2013 sebagai kebijakan baru, sangat disadari belum dipahami secara tepat dan utuh oleh komponen pemangku kepentingan. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Implementasi akan efektif dan efisien apabila pengawas sekolah, kepala sekolah, guru-guru, dan komponen sekolah yang lainnya memiliki kemampuan dan pemahaman tentang kurikulum dengan baik.
Sehubungan dengan itu Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo Mengadakan Pelatihan Guru Sasaran Pelaksana Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar yang bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi pada tahun 2016 ini.
Sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini diharapkan terjadi perubahan pada 3 aspek, yaitu:
1. Aktivitas pembelajaran yang mencangkup ; proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, layanan pembelajaran, dan menajemen pembelajaran,
2. Prilaku manusia ( Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, orang tua, dan peserta didik)
3. Budaya (Budaya individu, budaya sekolah, budaya masyarakat)
Ketiga aspek ini yang harus dikembangkan di sekolah dasar.
Untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini, diperlukan pemahaman secara tepat dan utuh oleh berbagai komponen pemangku kepentingan agar diperoleh keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan model dan stategi pembinaan dan bimbingan teknis implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar dalam bentuk diklat.
Dikbudpora Kabupaten Tebo sedang megadakan pelatihan kurilum 2013 yang mana menjadi sasaran pelatihan yaitu sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 pada semester ganjil 2016/2017 nanti.
Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 ini akan dilaksanakan selama 1 minggu yaitu dari tanggal 30 Mei 2016 s.d. 4 Juni 2016 yang bertempat di 3 Lokasi yaitu: 
1. Kecamatan Tebo Tengah Lokasi Di SDN 149/VIII Muara Tebo
2. Kecamatan Rimbo Bujang Lokasi Di  SDN 30/VIII Wirotho Agung
3. Kecamatan Tebo Ulu Lokasi Di SDN 145/VIII Teluk Kuali
Hasilnya nanti tentu guru-guru yang mengikuti pelatihan kurikulum 2013 ini dapat memahami dan menyajikan proses pembelajaran secara efektif dan bervariasi di sekolah masing-masing dan dapat terjadinya perubahan dalam 3 aspek yaitu aktivitas, prilaku manusia dan budaya. (sh)
Diberdayakan oleh Blogger.