Dinas Dikbudpora Kab. Tebo


Muara Tebo, Disdikbudpora – Menindaklanjuti kegiatan yang telah diikuti oleh seluruh wakil kepala SMK bidang Kurikulum yang telah dilaksanakan di Provinsi Jambi yakni Diklat penyusunan Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di provinsi Jambi yang dilaksanakan mulai dari tanggal 18 s.d. 23 Juni 2016 yang lalu. Selanjutnya, MKKS SMK Kabupaten Tebo mengundang seluruh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK beserta dengan Kepala Jurusan dari seluruh SMK baik negeri maupun swasta se-kabupaten Tebo.

Adapun pelaksanaan dari acara sosialisasi KTSP dan Mulok yang diselenggarakan di gedung SMKN 2 Tebo pada Sabtu, 30 Juli 2016 tersebut disampaikan beberapa hal penting yang merupakan hasil dari Diklat yang telah diikuti oleh seluruh wakil kepala bidang kurikulum SMK yang digelar di Provinsi Jambi sebelumnya.


Nurhanis, S.Pd (Waka Kurikulum SMK Al-Inayah) selaku pemateri dalam acara tersebut menyampaikan beberapa hal terkait dengan koordinasi Muatan Lokal (Mulok) untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi mata pelajaran muatan lokal dapat ditentukan oleh satuan pendidikan.

Selain itu, bersama beberapa Waka Kurikulum SMK yang ada di kabupaten Tebo salah satunya juga ditampilkan Dokumen I KTSP pada tahun berjalan dari SMKN 6 Tebo oleh Wakakur-nya Mustafa, S.Kom untuk dilakukan verifikasi secara bersama-sama oleh seluruh peserta untuk selanjutnya akan memverifikasi sekaligus melakukan perbaikan pada beberapa bagian dalam Dokumen 1 KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) baik yang melaksanakan KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2016/2017 pada setiap jurusan dalam satuan pendidikannya masing-masing.

Adapun dalam penutupan acara didahului oleh penyampaian dari kepala SMKN 2 Tebo, Bpk. Sadiyo yang selanjutnya arahan sekaligus penutupan acara dilakukan oleh Bpk. Yumadi yang merupakan Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Kab. Tebo sekaligus Kepala SMKN 1 Tebo tersebut.


Berikut disampaikan Rencana Jadwal Tindak Penyusunan Dokumen KTSP SMK se-Kabupaten Tebo, sebagai berikut:
NO.
WAKTU
KEGIATAN
1.
18 Juli 2016
Pembentukan TPK
2.
19 s.d. 23 Juli 2016
Penyusunan Dok. 1
3.
25 s.d. 30 Juli 2016
Penyusunan Dok. 2
4.
1 s.d. 6 Agustus 2016
Penyusunan Dok. 3
5.
8 s.d. 12 Agustus 2016
Pemantauan dan Validasi Dok 1,2,3
6.
13 Agustus 2016
Monitoring dan Evaluasi Provinsi
7.
29 s.d. 30 Agustus 2016
Penyerahan Dok. 1 ke Provinsi
8.
-
Validasi Dok. 1 oleh Tim Provinsi
9.
-
Penandatanganan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
Ketua MKKS SMK Kabupaten Tebo sebelum menutup acara, juga berpesan kepada seluruh peserta untuk mengoptimalkan waktu 2 (dua) minggu ini untuk menyelesaikan seluruh dokumen KTSP di tahun pelajaran 2016/2017 dengan semaksimal mungkin. (adm)

Diberdayakan oleh Blogger.