Dinas Dikbudpora Kab. Tebo


Muara Tebo, Disdikbudpora – Puji syukur kehadirat Allah SWT, kegiatan sosialisasi Pemetaan Mutu Pendidikan bagi seluruh Kepala Sekolah jenjang SMP, SMA, dan SMK se-kabupaten Tebo serta penyampaian informasi terbaru yang diselenggarakan di aula Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo pada hari Kamis, 1 September 2016 telah berjalan aman, tertib, dan lancar.

Adapun acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tebo, Bpk. Triyatna, S.Pd., M.Si. Dalam sambutan pembukaan acara tersebut beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan adanya Progam Pemetaan Mutu Pendidikan yang terintegrasi dengan Dapodik. Untuk sosialisasi serta pelaksanaan program PMP tingkat SD (Sekolah Dasar) oleh Pengawas Binaan SD di wilayah UPTD Kecamatan masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan akan maraknya modus penipuan yang sebelumnya berupa SMS yang mengatasnamakan Kepala Dinas serta Sekretaris Dinas Dikbudpora Tebo, saat ini muncul modus baru menyasar pada Kepala PAUD-TK yang mana SMS tersebut sangat tidak berdasar dan jelas-jelas merupakan modus penipuan. Oleh karena itu, jika Kepala Sekolah menerima SMS yang sekiranya tidak jelas tersebut segera melaporkan kepada Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Dalam sambutannya, beliau kembali menegaskan kepada seluruh hadirin untuk mengakses informasi resmi Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo pada laman http://dinasdikbudpora.tebokab.go.id secara berkala untuk mengetahui informasi-informasi resmi Disdikbudpora Tebo, seperti halnya akan adanya kegiatan pada hari ini pun sudah terpublikasi pada beberapa hari yang lalu.

Dalam gelar acara sosialisasi PMP Disdikbudpora Tebo, Kasi Kurikulum Dikdas, Bpk. Ahmad Abrar, S.Pdi, M.Pd. menyampaikan bahwa mulai saat ini lapor BOS online yang dapat diakses pada laman http://bos.kemdikbud.go.id yang sebelumnya diberlakukan untuk jenjang Pendidikan Dasar / Dikdas (SD dan SMP), mulai sekarang untuk jenjang Dikmen / Pendidikan Menengah (SMA dan SMK) juga wajib melaporkan penggunaan dana BOS sekolahnya pada setiap triwulan sebelum dana BOS pada triwulan berikutnya dicairkan pada laman http://bos.kemdikbud.go.id. Selain itu, beliau juga berpesan akan pentingya penyelesaian pekerjaan sesuai dengan alokasi waktu yang tepat, agar nantinya di saat-saat terakhir laporan tidak membuat kelabakan baik sekolah maupun Dinas Dikbudpora Tebo.

Terkait dengan guru pembelajar online, Daring (Dalam Jaringan) juga disinggung oleh Kasi Teknis Dikmen, Bpk. Guruh Puji Rahardjo, S.Pd., beliau mengulas tentang 3 metode tatap muka, campuran (kombinasi antara tatap muka dan online), dan full daring atau online.


Pada acara inti tentang sosialisasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan) ini disampaikan oleh Koordinator Pengawas Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo, Bpk. Drs. Jaka Suyana, M.Si untuk PMP SMP, SMA/SMK se-kabupaten Tebo. Operator sekolah sebagai penginput data yang melibatkan 6 (enam) peran pengguna nantinya, yakni Operator Sekolah, Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik, Pengawas, dan Komite Sekolah.  

“Saya yakin Operator Sekolah lebih paham terhadap aplikasi PMP ini, karena operator sekolah dapat langsung login pada aplikasi PMP sekolahnya masing-masing setiap hari”, pungkasnya. (adm)

Download file terkait informasi ini, silahkan klik pada tautan di bawah ini:
Web resmi PMP SD, SMP, SMA, dan SMK = http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Diberdayakan oleh Blogger.