Dinas Dikbudpora Kab. Tebo


Muara Tebo, Disdikbudpora – Dalam rangka menindaklanjuti program Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tebo khususnya pada Bidang Olahraga di wilayah Kabupaten Tebo yang sebelumnya telah diadakan kegiatan “Pelatihan Pelatih Senam Kebugaran Siswa Indonesia Tahun 2016” di aula Dinas Dikbudpora pada tanggal 12 – 18 Mei 2016 yang lalu.

Sehubungan dengan hal tersebut, KKGO (Kelompok Kerja Guru Olahraga) di bawah binaan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang pada tanggal 19 s.d. 21 Juli 2016 juga telah diselenggarakan Pelatihan Senam Bugar Pelajar Indonesia untuk seluruh guru olahraga baik SD, SMP, SMA, dan SMK se-kecamatan Rimbo Bujang.


Selanjutnya, dalam melaksanakan program KKGO Kecamatan Rimbo Bujang tahun pelajaran 2016/2017 di mana salah satu programnya yakni melaksanakan lomba sekaligus dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-XXXIII Tahun 2016, pada tanggal 9 September pada setiap tahunnya ini, tepatnya pada hari Sabtu, 10 September 2016 bertempat di UPTD Dikbudpora Rimbo Bujang dilaksanakan Lomba Senam Bugar Pelajar Indonesia yang bertema “Melalui Senam Bugar Pelajar Indonesia, Kita Gelorakan Olahraga Untuk Indonesia Hebat”.

Menurut keterangan ketua KKGO Kecamatan Rimbo Bujang, Bpk. Hermansah, S.Pd sekaligus ketua pelaksana lomba tersebut ada beberapa tujuan dari adanya Kegiatan Lomba Senam Bugar Pelajar Indonesia (SBPI) di UPTD Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Tahun 2016, di antaranya sebagai berikut:

1. Memasyarakatkan senam bugar di kalangan pelajar baik SD, SMP, SMA, maupun SMK di wilayah kecamatan Rimbo Bujang khususnya, dan untuk kabupaten Tebo pada umumnya.
2. Menggerakkan guru olahraga untuk senantiasa aktif dan meningkatkan kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di satuan pendidikan masing-masing.
3. Mensosialisasikan kepada masyarakat serta seluruh peserta kegiatan akan pentingnya kesehatan dan kebugaran jasmani salah satunya melalui kegiatan senam bugar.

“Peserta kegiatan lomba diikuti oleh seluruh SD/MI dalam kecamatan Rimbo Bujang dengan jumlah peserta 46 peserta kelompok, yang pada setiap kelompok peserta lomba SBPI terdiri dari 5 (lima) pelajar dari setiap sekolah/madrasah, dan setiap satuan pendidikan wajib mengirimkan 1 (satu) kelompok peserta lomba”, ungkap Ketua Pelaksana, Bpk. Hermansah, S.Pd.

Kegiatan lomba tersebut dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan melaksanakan senam masal yang diikuti oleh seluruh peserta dan guru pendamping, selanjutnya pembukaan resmi kegiatan lomba SBPI dilakukan oleh Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang, Bpk. Haidir, S.Pd.


Adapun, dewan juri dalam kegiatan lomba SBPI tersebut berasal dari kalangan profesional yang ahli dalam bidang olahraga khususnya dalam cabang senam yang juga telah memiliki sanggar senam di kota Muara Tebo, yakni Bu Yayuk dan Yu Ce.

Berikut hasil pemenang lomba SBPI UPTD Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional ke-33 Tahun 2016:

1.   Juara 1 : SDN No. 60/VIII Perintis.
2.   Juara 2 : SDN No. 195/VIII Wirotho Agung.
3.   Juara 3 : SDN No. 30/VIII Wirotho Agung.
4.   Juara Harapan 1 : SDN No. 190/VIII Perintis.
5.   Juara Harapan 2 : SDN No. 198/VIII Tegal Arum.
6.   Juara Harapan 3 : SDN No. 93/VIII Tegal Arum.


“Diharapkan pada tahun mendatang, kegiatan serupa akan dapat kami dilaksanakan kembali dengan lebih baik lagi” pungkas Bpk. Hermansah, S.Pd. (Adm
Diberdayakan oleh Blogger.