Dinas Dikbudpora Kab. Tebo

Muara Tebo, Disdikbudpora – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan (Harwan) Ke-71 Tahun 2016, pada tanggal 10 November 2016 di SMPN 16 Tebo yang berada di Jl. Padang Lamo Balai Rajo Kec. VII Koto Ilir Kab. Tebo mengadakan Upacara Bendera dan kegiatan Jalan Sehat serta perlombaan permainan tradisional bagi seluruh keluarga besar sekolah.

Sumber : http://www.tribratanewsjambi.com
Pada gelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016 yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB, selaku Inspektur Upacara oleh Camat VII Koto Ilir, Bpk. Antoni Faksi, S.IP.  Selain itu, dalam Upacara peringatan Harwan kali ini dihadiri oleh Kepala UPTD Dinas Dikbudpora Kec. VII Koto Ilir, Bpk. Supriadi, S.Pd.,M.Si., dan juga Kapolsek VII Koto Ilir, Bpk. Iptu Agus Triono. Info khusus terkait pelaksanaan upacara hari ini dapat dilihat pada laman Tribatanews - Portal Berita Polda Jambi, Kapolsek VII Koto Ilir Upacara Hari Pahlawan di SMPN 16 Tebo.

Setelah pelaksanaan Upacara bendera selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Jalan Sehat bagi seluruh peserta didik dengan rute Jl. Padang Lamo melewati Pasar Balai Rajo hingga pada jalan di depan kompleks perkantoran Kecamatan VII Koto Ilir yang diiringi dengan iringan derap drum band dari SMPN 16 Tebo.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan jalan sehat tersebut, dalam kegiatan jalan sehat itu pun selain Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru SMP 16 Tebo yang ikut langsung dalam kegiatan jalan sehat, selama perjalanan pun di dikawal oleh pihak Kepolisian dari Polsek VII Koto Ilir.

Adapun tema dari kegiatan ini yakni “Satukan Langkah Untuk Negeri”. Adapun pesan penting selain daripada tema utama tersebut yakni “Pahlawan tidak menuntut penghargaan kecuali tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia” serta “Dengan semangat Rela berkorban, tanpa pamrim, pantang mundur, dan percaya pada kemampuan diri-sendiri adalah sikap para Pahlawan”.


Jalan sehat Harwan 2016 disediakan 50 paket hadiah bagi peserta yang beruntung
Kemudian, dalam rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, sesuai dengan tema nasional tersebut, diadakan pula ajang perlombaan permainan tradisional nusantara salah satunya adalah “Bakiak”.

"Permainan bakiak ini menuntut kekompakan dalam melangkah dengan derap yang sama bahkan tempo pun harus sama, jika tidak, maka dipastikan langkah dari satu kelompok peserta akan terhambat dan bisa juga terjatuh, sehingga dalam permainan bakiak ini diharapkan seluruh siswa dapat memaknai akan pentingnya kerja sama, satu visi dan satu misi dalam meraih prestasi, seperti halnya para pahlawan bangsa yang telah bersama-sama bersatu padu dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia tercinta” pungkas Bpk. Juli Asril, S.Pd selaku Kepala SMPN 16 Tebo. (Adm)
Diberdayakan oleh Blogger.