Dinas Dikbudpora Kab. Tebo

Muara Tebo, Disdikbud (Kamis, 14 September 2017) – Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, BIMTEK VERVAL Data Individu Peserta Didik dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemdikbud RI dengan narasumber Bu Mega Ramatika Putri dan Bu Intan Larasati.
 

PDSPK adalah salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.
Dalam melaksanakan pengelolaan data, PDSPK memiliki fungsi diantaranya melaksakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan seperti data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas, warisan budaya benda maupun tak benda. Untuk menjamin validitas data maka dibuat sistem informasi verifikasi dan validasi data diantaranya aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan (Verval GTK).

Aplikasi Verval GTK ini melibatkan operator sekolah, operator daerah dan operator pusat serta dalam aplikasi ini selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data GTK juga untuk memproses pengajuan, penerbitan maupun penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Kegiatan yang berlangsung mulai pagi hari ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Kab. Tebo, Bpk. Zulkipli, S.Pd.,M.Si. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasinya kepada segenap operator Dapodik se-Kab. Tebo yang telah berhasil mengirimkan data Dapodik yang saat berlangsungnya acara progress pengiriman Dapodik Kabupaten Tebo nomor 1 se-Provinsi Jambi. Beliau juga sampaikan ucapan terimakasih kepada PDSPK – Kemdikbud yang telah berkenan memberikan giliran acara Bimtek Verifikasi dan Validasi Data Individu Peserta Didik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo saat ini.

Acara yang dipandu oleh Bpk. Drs. Atrinuriza selaku Operator Dapodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo ini dihadiri oleh 40 orang operator yang terdiri dari Operator Dapodik untuk PKBM, TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Tebo.
Bebeberapa poin penting yang disampaikan narasumber dari PDSPK – Kemdikbud RI dalam Kegiatan Bimtek Verval PD oleh PDSPK Kemdikbud RI dalam acara tersebut di atas diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Pastikan input data Peserta Didik maupun data PTK dan data-data pendidikan lainnya di Aplikasi Dapodik sesuai dengan keadaan sebenarnya.

2.  Pemanfaatan Data Referensi Peserta Didik (NISN) digunakan dalam berbagai kebijakan dan program penting Kemendikbud RI di antaranya : Belajar Bersama Maestro (BBM), Ujian Nasional, KIP, BOP, BOS, Bidikmisi, SBMPTN, SNMPTN, dan lain-lain.

3.  Penerbitan NISN akan dilakukan setiap tahun ajaran baru bagi siswa baru (TK, SD Tingkat 1, Kesetaraan) selama data peserta didik tersebut sudah masuk ke Aplikasi DAPODIKDASMEN atau DAPOPAUDDikmas.

4.  Batas akhir pengisian data jenjang Dikdasmen yaitu sebelum akhir bulan September sedangkan jenjang PAUD Dikmas sebelum akhir bulan November pada tahun ajaran yang sama.

5.  Peserta didik baru yang dimasukkan ke Aplikasi DAPODIK melewati batas waktu pengisian, akan diberikan NISN secara otomatis awal tahun ajaran berikutnya.

Pengelolaan data pendidikan bersifat relational dan longitudinal sebagaimana telah diuraikan bahwasannya DAPODIK adalah suatu konsep pengelolaan Data Pendidikan yang bersifat Relational dan Longitudinal, sehingga program-program pembangunan pendidikan dapat terarah dan akan mempermundah dalam menyusun perencanaan, monitoring       dan evaluasi pembangunan pendidikan dalam rangka peningkatan Mutu Pendidikan yang Merata dan Tepat Sasaran.  

Dalam sesi penutupan acara dilakukan oleh Kabid GTK Dinas Dikbud Kab. Tebo, Bpk. Syafrial SE. Beliau dalam kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada segenap Operator Dapodik di wilayah Kabupaten Tebo yang saat ini juga telah terkoordinir dalam sebuah wadah organisasi Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI). Selain itu, beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk terus meningkatkan kualitas data pendidikan yang diinputkan di aplikasi Dapodik dari satuan kerjanya masing-masing.
Semoga acara ini bermanfaat positif bagi seluruh peserta dan selanjutnya dapat menyampaikan kepada seluruh operator Dapodik di Kab. Tebo yang ada di wilayah kecamatan masing-masing atau pada operator Dapodik pada jenjang yang diwakilinya demi mewujudkan data pendidikan di wilayah kabupaten Tebo yang bukan hanya tuntas tapi juga berkualitas... Aamiin... Materi Bimtek dari PDSPK - Kemdikbud RI selengkapnya dapat diunduh langsung di sini... Terimakasih... (Adm) - Sumber foto : Drs. Atrinuriza.
Diberdayakan oleh Blogger.