Dinas Dikbudpora Kab. Tebo

Muara Tebo, Disdikbud – Pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2018 merupakan puncak acara Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) untuk tingkat kabupaten Tebo. Gernas Baku dipusatkan di kelompok bermain Al Istiqomah Jl. KH. A. Dahlan Kel. Wirotho Agung Kec. Rimbo Bujang. Hadir dalam puncak acara tersebut adalah Bupati Tebo, Bpk. H. Sukandar, S.Kom., M.Si beserta Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kab. Tebo, Ibu Hj. Saniatul Lativa, S.E.,M.M, Kadis Dikbud Kab. Tebo, Bpk. Sindi, S.H., M.H, Ketua HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kab. Tebo, para Ketua HIMPAUDI Kecamatan se-Kabupaten Tebo, para pengurus PAUD dan para Kabag Setda Kab. Tebo serta para tokoh agama, masyarakat dan pemuda, serta para murid PAUD.

Dalam kesempatan Gernas Baku Tahun 2018 ini, Bunda PAUD dan Bupati Tebo membacakan buku untuk anak-anak PAUD yang hadir pada acara tersebut. Gernas Baku adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD dan di masyarakat, sedangkan tujuan Gernas Baku adalah membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosional orang tua dan anak, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Mengapa gerakan ini penting? Karena menurut survei PBS tahun 2015 anak usia sekolah lebih suka menonton televisi sebesar 91,47 %, sedangkan yang suka membaca sebanyak 13,11%.  Padahal pada abad  ke-21 ini dibutuhkan anak-anak yang menguasai beragam kecakapan, antara lain: bisa baca tulis, berhitung, menguasai pengetahuan alam, menguasai masalah keuangan, menguasai TI (Teknologi dan Informasi), serta mengerti budaya dan kewarganegaraan. Selanjutnya yang terlibat dalam Gernas Baku adalah orang tua, warga sekolah dan masyarakat, sehingga implementasi Gernas Baku bisa dilaksanakan di rumah, satuan PAUD dan komunitas-komunitas pendidikan dan sosial kemasyarakatan lainnya. (Adm)
Diberdayakan oleh Blogger.