Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud, Tebo Pintar - Pandemi telah mengubah kehidupan manusia termasuk dalam belajar dan bekerja. Atas hal tersebut Tanoto Foundation melakukan transformasi terhadap pendekatan pelatihan dan pendampingan ke sekolah mitra.

Melalui kegiatan Group Learning atau kelompok belajar guru, kepala sekolah dan para guru di Jambi dapat mengikuti pelatihan dan pendampingan modul PINTAR yang berkelanjutan.

"Kegiatan tersebut salah satunya untuk memperkuat pemahaman guru seperti memperkuat pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran aktif yang menyesuaikan dengan pembelajaran di masa pandemik," ujar Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Kamis, (15/7).

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 5 kelompok mata pelajaran, mulai dari kelas awal, IPA, IPS, Bahasa Indonesia hingga Matematika. 

Untuk kelompok belajar SMP tidak ada kelas awal, namun diganti dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

Salah satu kegiatan tersebut peserta difasilitasi mengidentifikasi pembelajaran yang sudah mengandung unsur MIKiR dengan melihat tayangan video, kemudian masing-masing kelompok membahas tayangan video tersebut.

"Metode ini dilakukan untuk meningkatkan peran aktif para guru dalam berdiskusi," katanya.

Medi berharap meskipun pembelajaran nantinya dilakukan secara daring, guru dapat menyiapkan pembelajaran sebaik-baiknya.

"Kepala sekolah juga diharapkan mendukung pemenuhan kebutuhan guru selama pembelajaran jarak jauh maupun PTM terbatas," pungkas Medi.

Guru Tebo Ikuti Group Learning

Kegiatan Group Learning Guru Di Kabupaten Tebo

Sebagai salah satu Kabupaten mitra Tanoto Foundation, sejumlah guru yang ada di Kabupaten Tebo mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang di fasilitasi oleh Tanoto Foundation dengan  fasilitator daerah dari Kabupaten Tebo tingkat SD/MI serta Fasilitator Daerah Pembelajaran ditingkat SMP/MTs  yang berkolaborasi dengan Fasilitator Daerah dari kabupaten lain. 

Kegiatan Group Learning Guru Di Kabupaten Tebo

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru sekolah mitra terdiri dari 5 bidang studi yaitu IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia serta Matematika. 

Kegiatan Group Learning Guru Di Kabupaten Tebo

Pada GL-1 peserta diberikan 2 sesi dengan materi penyegaran yang pernah diterima sewaktu Modul 1 yaitu mengenai Pendekatan Pembelajaran MIKiR dan Pertanyaan PIT. 

Group Learning ini berlangsung 1 kali dalam seminggu, akan ada sampai GL-6.   

Kegiatan Group Learning Guru di Kabupaten Tebo

Diharapkan guru-guru sekolah mitra yang ada di Kabupaten Tebo dapat mengikuti dan menggunakan kesempatan yang diberikan untuk meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran pada peserta didik di sekolah masing-masing. 

Diberdayakan oleh Blogger.