Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Erwandi, S.Pd.I,  Kepala SD Negeri 214/VIII Malako Desa Lubuk Mandarsah Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, dengan berbekal pengalaman dan penguatan wawasan dibidang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), terus membangun komunikasi dengan seluruh unsur sekolah dan masyarakat yang ada dilingkungan sekolah. 


"Tahun 2015 hingga 2017 dulu yang menjadi kendala utama bagi saya maupun siswa dan juga guru, ialah jalan ke sekolah kami yang sulit untuk dilewati, kondisi itu berlangsung cukup lama, sehingga waktu itu atas kesepakatan swadaya masyarakat, jalan tersebut diperbaiki pada tahun 2018. Kami sebagai pengelola sekolah sangat berterimakasih sekali," ujar Erwandi, S.Pd.I.


Selain itu, kendala terberat yang dialami SD Negeri 214/VIII Malako Desa Lubuk Mandarsah, adalah minimnya sinyal Internet, sehingga menjadi kendala utama guru untuk memberikan tugas secara daring dari Sekolah. 


"Alhamdulillah pada tahun 2020, setelah menyerap informasi dari seluruh unsur sekolah, kita berupaya secara bersama-sama, dan tentunya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaannya Kabupaten Tebo, akhirnya kita dapat membangun fasilitas WiFi, sehingga jaringan internet disekolah kita sudah tersedia melalui dana afirmasi,"imbuh Erwandi, S.Pd.I.


Untuk diketahui, sejak digulirkannya Undang - Undang Nomor 22 Tahun 1999, wacana desentralisasi pemerintahan ramai dikaji, tak kalah pentingnya dalam mencapai tujuan pendidikan, desentralisasi merambat hingga ketingkat individual sekolah, sekolah memiliki peran penting dalam mengelola sumber daya dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. 


"Zaman terus berkembang, tugas guru semakin berat dengan segala tantangannya, maka sangat perlu upgrade kemampuan, untuk itu saya menjadwalkan pelatihan setiap hari Sabtu, yang mana guru yang memiliki kompetensi teknologi informasi, seperti laptop atau pemanfaatan sarana digital, agar mengajari dan memberikan bantuan belajar kepada teman sejawatnya yang belum memumpuni,"imbuh Erwandi, S.Pd.I.


Secara umum Erwandi, S.Pd.I menjelaskan bahwa dirinya bersama unsur sekolah terus saling support dan dukung dalam berinovasi dan meningkatkan kemajuan pendidikan di SD Negeri 214/VIII Malako.


Dalam meningkatkan sumber daya guru dan hasil belajar siswa, strategi yang di canangkan sebagai bentuk penerapan Manajemen Berbasis Sekolah ini, Erwandi, S.Pd.I disamping membuka ruang kreativitas sebagai kepala sekolah, dirinya juga berusaha melakukan penguatan layanan belajar untuk menjadikan sekolah sebagai tempat menyenangkan bagi siswa, dan mewujudkan penerapan kegiatan belajar mengajar menggunakan teknologi pembelajaran.


"Pelibatan seluruh unsur untuk berpartisipasi, maka secara tidak langsung seluruh pihak telah ikut andil dalam pengambilan keputusan secara kolektif dengan tetap memperhatikan apa yang menjadi landasan dan tujuan pendidikan, maka disini terciptalah pencapaian kinerja yang efisien, sehingga harapan kita bersama, kemajuan sekolah dapat terwujud," pungkasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.