Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud – SD Negeri 222/VIII Sido Rukun yang berada di desa Sido Rukun kecamatan Rimbo Ulu kabupaten Tebo kini telah mulai dan terus berbenah dengan tampilan wajah sekolah yang lebih menarik. Hal ini bisa dilihat dari geliat pembangunan-pembangunan taman sekolah, kolam renang khusus anak, dan tugu emas ala Majapahit yang juga mulai dibangun di tahun 2022 ini.


Taman sekolah yang terletak di sebelah kiri pintu gerbang masuk SD Negeri 222/VIII Sido Rukun memang terlihat sangat menarik, Apalagi taman tersebut juga di lengkapi dengan air mancur yang sangat sejuk yang dapat digunakan sebagai pilihan untuk tempat foto-foto bagi seluruh warga sekolah, Bahkan orang tua/wali murid pun sering memanfaatkan taman tersebut untuk foto kenang-kenangan, terutama untuk kelas VI yang baru lulus dari SD Negeri 222/VIII Sido Rukun.


Menurut penuturan dari kepala sekolah  SD Negeri 222/VIII Sido Rukun, Patmanidar, S.Pd.SD, “Taman tersebut bisa terwujud atas kerjasama dari seluruh tenaga pendidik terutama guru-guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi yang disisihkan dalam setiap pencairan TPG.”


Selanjutnya beliau memaparkan, “Yang tak kalah pentingnya lagi salah satu guru kami ada yang mempunyai keahlian di bidang arsitektur taman dan kolam renang yaitu bapak Sutrisno, S.Pd yang  bermodalkan semangat pengabdian yang tinggi mampu mewujudkan semua program-program keindahan dan penataan lingkungan sekolah,” jelas Patmanidar, S.Pd.SD. yang mulai bertugas sebagai kepala sekolah sejak tahun 2017.

 

Sedangkan di sebelah kanan gapura terlihat tempat tunggu siswa/siswi yang belum di jemput, tempat tunggu itu terlihat sangat nyaman dan sejuk dengan atap rumbia, dan tempat duduk yang didesain seperti potongan-potongan  kayu besar, dan yang tak kalah menarik lagi adalah adanya tampilan di bagian depan terdapat lukisan keindahan alam yang indah.


Keterangan selanjutnya dari Patmanidar, S.Pd.SD mengenai kolam renang khusus anak yang yang baru saja dibangun  dengan ukuran 8 x 9 m2 dengan kedalaman 70 Cm dan sudah digunakan merupakan berkat partisipasi dari semua dewan guru  yang selalu ingin berinovasi agar supaya SD Negeri 222/VIII Sidorukun menjadi sekolah yang menyenangkan sekaligus menarik bagi anak didik dalam kegiatan belajar, baik di kelas maupun di lapangan. Adapun sumber pendanaan kolam tersebut, Kepsek menyebutkan bahwa dana bangunan itu diambil dari dana koperasi guru SD Negeri 222/VIII Sido Rukun yang sudah berjalan mulai tahun 2010.


“Alhamdulilah sekolah kami, para guru mengelola koperasi dan semua  sepakat sebagian dana koperasi kita gunakan untuk kemajuan sekolah.” imbuh bu Pat panggilan ibu kepala sekolah SD Negeri 222/VIII Sido Rukun.


Program berikutnya yang masih dalam tahap penyelesaian adalah pembangunan mushola yakni dilaksanakannnya kegiatan dana khusus dari infak anak di setiap hari Jum’at dalam kegiatan zikir dan pembacaan Yasin sebelum proses belajar mengajar serta membangun tugu gapura emas sebanyak 3 bangunan yang terletak tepat di depan ruang guru. Sebelah timur atau berhadapan  dengan bangunan kolam renang.


Diharapkan dengan dengan adanya  tugu bagunan gapura tersebut, pemandangan sekitar taman dan kolam akan menjadi lebih indah dan menarik, sehingga anak didik yang menuntut ilmu di sekolah SD Negeri 222/VIII Sido Rukun menjadi betah dan senang yang tentunya prestasinya juga semakin meningkat.” InsyaAllah, sebelum tahun ajaran baru nanti, tiga bangunan tersebut sudah dapat diselesaikan, karena bapak Sutrisno S.Pd.SD selaku arsitek  bangunan tersebut sudah memulai  pengerjaan setiap sepulang sekolah.” pungkas Patmanidar, S.Pd.SD yang telah menjadi motivator bagi seluruh warga sekolah di SD Negeri 222/VIII Sido Rukun. (Adm)


Diberdayakan oleh Blogger.