Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Dalam meningkatkan minat baca siswa, SDN no095/VIII Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir mengajukan usulan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tebo berupa layanan perpustakaan keliling. Terlebih saat ini SDN 095/VIII Karang Dadi belum memiliki Fasilitas Perpustakaan.


Kepala SDN 095/VIII Karang Dadi, Dewi Sri Handayani, S.Pd.I mengatakan upaya tersebut guna menjaga semangat membaca siswa dan warga sekolah. 


"Kita memang belum memiliki fasilitas perpustakaan, namun bukan berarti kegiatan membaca dan menulis tidak ada, namun untuk lebih meningkatkan semangat siswa, serta menjaga kebiasaan membaca buku, kita kemarin mengundang Mobil Perpustakaan Keliling Daerah,"ujarnya.



Dikatakannya, upaya yang dilakukannya telah dikoordinasikan dengan pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tebo serta para Majelis Guru di SD Negeri 095/VIII Karang Dadi.


"Kami sangat berterimakasih, dengan kolaborasi ini diharapkan anak-anak tetap semakin bersemangat membaca, dan menambah wawasan. Kemarin saat Tim Perpustakaan Keliling berkunjung ke sekolah kita, kita melihat minat siswa sangat tinggi," terangnya.


Dalam kunjungan perdana tersebut terlihat antusias anak-anak, bahkan beberapa siswa sangat berminat untuk meminjam buku untuk dibawa pulang. Hanya saja karena kunjungan pertama tersebut merupakan perkenalan, anak-anak hanya di berikan kesempatan untuk meminjam buku hingga waktu jam pulang sekolah.


Seperti dikatakan salah satu siswa Kelas II, Naira, "Bapak buku ini boleh kami pinjam bawa pulang pak, pak kalau pinjam buku judul yang lain boleh ngga pak," pinta Naira.


Siswa Kelas VI Reyhan juga menanggapi bahwa dengan kunjungan mobil perpustakaan keliling ini dirinya sangat senang, "Senang pak, seru, bukunya banyak, tapi kami belum boleh bawa pulang hari ini pak," timpalnya.


Sementara itu dijelaskan oleh Kepala SDN 095/VIII Karang Dadi, pihaknya sangat berterimakasih kepada tim pustaka keliling, terutama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tebo yang telah berkenan hadir ke sekolahnya.


"Kami sangat berterimakasih, dan kami berencana ingin mengajukan usulan untuk peminjaman buku, kami akan berkoordinasi lagi dan meminta petunjuk sistem kerjasamanya bagaimana," tukasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.