Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Drs. Bisri, salah satu sosok Kepala Sekolah di lingkungan Disdikbud Tebo. Pria yang dilahirkan di Magelang, 7 Februari 1966 merupakan salah satu Kepala Sekolah yang memiliki keberhasilan dan capaian dalam membangun Sekolah yang dipimpinnya. Beliau memimpin di SMPN 08 Tebo sejak Oktober 2018 lalu.

Sebagai Kepala Sekolah Drs. Bisri juga menghadapi beragam kendala, diantaranya terkait sarana dan prasarana serta GTK. Kendala-kendala tersebut tidak menjadi penghambat dirinya untuk terus menunaikan amanah yang dipegang sebagai seorang kepala sekolah.

Komunikasi dan Kerjasama dengan 'Stakeholder' di SMPN 08 Tebo

Selaku Top manajerial di SMPN 8, untuk mengatasi beberapa kendala tersebut Beliau tak segan untuk menjalin  komunikasi yang intens dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan Pendidikan baik dari pihak Pemerintah maupun Komite Sekolah. Dan tak lupa pula mempertimbangkan skala prioritas, dimana hal yang dianggap urgent itulah yang beliau dahulukan. 

Untuk pembangunan sarana prasarana diantaranya beliau merangkul semua GTK  untuk bermusyarah, senatiasa berkoordinasi dan berkonsultasi dengan komite, terkait kendala yang dihadapi di sekolah. Dan tak lupa menyampaikan laporan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan secara berkala agar bisa ditindaklanjuti. 

Selain hal tersebut, beliau juga mencoba menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa dan DPR. Sedangkan untuk peningkatan kompetensi GTK, di SMP N 8 Tebo sangat terbantu sekali dengan bermitranya mereka dengan Tanoto Foundation. Program Pintar Tanoto Foundation ini sangat berperan penting penting tidak hanya dalam peningkatan kompetensi para guru saja tetapi juga bagi Komite Sekolah dan Kepala Sekolah itu sendiri tentunya.

Torehan Pembangungan Drs. Bisri Selaku Kepala SMPN 08 Tebo 

Sejak awal kepemimpinannya beliau mulai melaksanakan perubahan secara bertahap. Di  tahun pertama kepemimpinannya, beliau fokus terhadap perbaikan ruang kelas, drainase serta pembuatan tempat duduk di depan ruang kelas yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat para peserta didik ketika jam istirahat. Di  tahun kedua beliau fokus terhadap akses masuk ke lingkungan sekolah, lantai beberapa ruangan, melanjutkan drainase serta pagar sekolah. 

Siswa sedang memanfaatkan Sarana cuci tangan SMPN 08 Tebo

Selanjutnya berkat komunikasi yang berkelanjutan dengan Disdikbud Tebo selaku , di tahun 2020, SMPN 8 mendapatkan bantuan berupa renovasi gedung Laboratorium IPA dan bantuan chrombook sebanyak 15 unit. Tak lupa pula berkat kerjasama serta komunikasi yang baik dengan Komite Sekolah beliau juga berhasil mewujudkan pemasangan tower untuk wifi sekolah guna mendukung kegiatan pembelajaran. Setahun terakhir, parkir untuk guru dan tower air juga berhasil belaiu wujudkan.

Tower wifi SMPN 08 Tebo

Demikian pencapaian yang telah diraih oleh Bapak Bisri selaku pemimpin di SMPN 8 Tebo. Komunikasi yang intens dan kerjasama dengan berbagai pihak serta mendahulukan skala prioritas, membangun tahap demi tahap menghantarkan beliau dalam mewujudkan perubahan yang signifikan, baik fisik maupun kualitas SDM di sekolah yang beliau pimpin. 

Harapan beliau, dengan adanya perubahan ini SMPN 8 Tebo mampu menghasilkan output yang unggul dan berdaya saing khususnya di Desa Rantau Langkap itu sendiri, dan umumnya di Kabupaten Tebo tercinta ini tentunya. / Tebo Pintar /

Narasumber : Drs. Basri ( Kepala SMPN 08 Kab. Tebo )

Kontributor : Nur Eriyanti, S.Pd ( Guru Mapel SMPN 10 Tebo/ Guru Fasda Tanoto Foundation )

Diberdayakan oleh Blogger.