Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud - Bertempat di SDN 013/VIII Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir tanggal 25 Juli 2022 Bapak Johardi S.Pd  Selaku Korcam Kec.Tengah Ilir yang juga dihadiri seluruh Pengawas SD Kec Tengah Ilir,  membuka Kegiatan yang bertajuk " Penguatan kompetensi kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka melalui kegiatan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo ".

Kegiatan Ini di ikuti oleh seluruh Sekolah Dasar di wilayah Tengah Ilir yg berjumlah 20 SD yang melibatkan; Kepala Sekolah, Guru Kelas jenjang 1 dan 4, Guru PAI,  dan Guru PJOK. Kegiatan Penguatan Kompetensi dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka menjangkau sebanyak Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Tengah Ilir dan berlangsung selama satu hari pada tanggal 25Juli 2022 di SD Negeri 013/VIII Muara Kilis.

Jalannya Kegiatan Penguatan kompetensi kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka  di SD Negeri 013/VIII Muara Kilis.

Bapak Johardi dalam kesempatan tersebut memberikan Arahan dan Motivasi bahwa Peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini menjadi diharapkan penggerak untuk memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang nantinya dapat diterapkan pada Tahun Ajar 2022/2023 pada satuan pendidikannya masing-masing. Bapak Sugito,S.Pd dalam paparan materinya menyampaikan secara ringkas dan padat terkait beberapa hal yang harus diterapkan satuan Pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Bpk. Sugito, S.Pd Saat Memberikan Materi di SDN 013/VIII Muara Kilis

Berkaitan dan menjadi Latar belakang dikarenakan adanya kebijakan pemulihan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka yang dipaparkan dengan rinci pada Struktur Kurikulum Merdeka berdasarkan Kepmendikbudristek No 262/M/2022. Sehingga, harus dipenuhi oleh setiap satuan pendidikan tingkat SD dengan kategori pilihan yang terdapat  pada Kurikulum Merdeka antara lain; Mandiri belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

Peserta Kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 013/VIII Muara Kilis

Terlihat antusiasnya peserta yang hadiri pada sesi kedua setelah waktu isoma. Bpk. Sugito, S.Pd selaku pemateri menjelaskan dan langsung mempraktekkan bersama peserta untuk dapat menggunakan semua fitur-fitur yang ada pada Plafon Merdeka Mengajar (PMM). Kesempatan yang sama, pemateri juga menekankan pentingnya PMM sekalipun sekolah belum menggunakan Kurikulum merdeka dan dapat mengambil manfaat dari Platform Kurikulum Merdeka yang berguna untuk  menunjang peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Mandiri dan Asesmen sebagai persiapan menghadapi ANBK bagi peserta didik kelas 5 pada bulan November 2022 mendatang. 

Disamping itu pada Akhir sesi dipaparkan terkait Profil Pelajar Pancasila dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang juga harus diterapkan pada Kurikulum merdeka sebagai Kokurikuler dan pada Sekolah penggunaan Kurikulum K13 dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. /Tebo Pintar /

Narasumber : Johardi, S.Pd Korcam Kecamatan Tengah Ilir

                       Sugito S.Pd Pengawas Sd Kabupaten Tebo


Diberdayakan oleh Blogger.