Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Praktik Baik Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (29/08/2022)

Muara Tebo, Disdikbud – Bertempat di aula  Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Tebo. Senin 29 Agustus 2022. Disdikbud Tebo mengapresiasi Tanoto Foundation yang menggelar kegiatan dan melaksanakan Praktik Baik Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Sinkronisasi Tatap Muka, Umpan Balik Dan Penilaian.

Kegiatan ini dibuka oleh Ahli Muda Pengembang Kurikulum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Bapak Irwan Okta Dwi Kurnia S.E. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan terimakasih dengan Tanoto Foundation yang terus bersinergi dengan Disdikbud Tebo dalam meningkatkan kompetensi guru-guru sekolah mitra baik jenjang SD dan SMP yang dilaksanakan secara daring maupun luring. 

Melalui kegiatan seperti ini, peningkatan kompetensi secara mandiri dapat tercapai dan bisa berimbas kepada guru lain di satuan pendidikan masing-masing. Selain itu, kegiatan ini juga mampu melatih para guru yang ikut serta mampu memanfaatkan aplikasi merdeka mengajar.

Murniati, S.Pd Salah satu Fasilitator Daerah Tanoto Foundation dan guru Di SMPN 01 Tebo menyampaikan bahwa Praktik baik sinkronisasi  tatap muka  umpan balik dan penilaian merupakan  lanjutan sinkronisasi ke 1 topik umpan balik dan penilaian yang telah dilakukan secara daring. 

Kegiatan Praktik baik ini mendapat sambutan yang cukup luar biasa dari guru-guru sekolah mitra baik SD maupun SMP berhubung.  Rentang waktu dua tahun menjadi refleksi  kegiatan peningkatan kompetensi guru -guru sekolah mitra tanoto foundation yang dilakukan secara daring.

Kejenuhan yang menghampiri para guru terobati dengan dilakukannya sinkronisasi tatap muka topik umpan balik dan penilaian yang dilakukan di Aula Disdikbud Tebo. 

Kegiatan praktik baik ini dipandu  oleh para fasilitator daerah Tanoto Foundation dengan berbagi cara  bagaimana  merancang umpan  balik yang efektif dalam pembelajaran dan bagimana merancang penilaian dengan rubriknya. 

Peserta yang mengikuti berkalaborasi sesuai mata pelajaran untuk melakukan hal ini. Kegiatan diakhiri dengan penjelasan tentang implementasi kurikulum merdeka  mulai dari bagaimana menurutkan tujuan pembelajaran  tiap fase dari capaian pembelajaran sehingga tersusun ATP  dan modul ajar, materi terakhir ini  disampaikan oleh fasilitator nasional ibu Titin Suprihatien, S.Pd. /Tebo Pintar/


Diberdayakan oleh Blogger.