Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud - Penguatan profil pelajar Pancasila  di kalangan  generasi muda terutama pelajar  merupakan  agenda utama  penguatan karakter  di sekolah-sekolah khususnya  dunia  pendidikan. Namun dengan arus globalisasi  yang kian deras  mempertahankan  tradisi budaya  saat ini menjadi tantangan tersendiri  bagi kalangan pendidik .Karena untuk zaman globalisasi ini pelajar lebih suka berinteraksi dengan alat teknologi.

Melihat situasi tersebut  guru mata pelajaran seni budaya dan prakarya  di SMPN 1 Kabupaten Tebo Ria Novita,S.Pd  tidak kehabisan ide  dalam  mengangkat praktik kearifan  lokal Kabupaten Tebo untuk mengwujudkan Profil Pelajar Pancasila. Usaha yang dilakukan Ria Novita,S.Pd sebagai guru seni budaya dan prakarya adalah  mengimplementasikan  kearifan lokal kabupaten Tebo melalui tarian yang berjudul” WASTRA BATIK”. 

Tarian Wastra Batik  memiliki  arti , Wastra   dalam Bahasa syang sansekerta  berarti Sehelai Kain  sedangkan Batik  berasal dari  Bahasa Jawa "Amba" atau "Titik" yaitu memberi motif  pada kain dengan cara  di titik-titik. Jadi tari Wastra Batik  yang diangkat oleh Ria Novita S.Pd  merupakan karya  yang ingin  menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan  global di SMPN 01 Kabupaten Tebo yang memiliki tujuan utamanya agar  peserta didik di SMPN 01 Kabupaten Tebo  mampu  memahami makna dan cerita  dibalik sajian tari Wastra Batik.

Sebelum melakukan praktik tari Wastra Batik, dalam menarik minat peserta didik Ria Novita,S.Pd  menceritakan  bahwa kain batik merupakan  Warisan budaya   leluhur Indonesia  yang digunakan dalam  kehidupan sehari -hari  sebagai bahan untuk  sandang atau pakaian. Kain  batik itu memiliki keindahan dan memiliki makna tersendiri  dalam setiap motif yang digambar di helaian kain tersebut.

Begitu juga  dengan masyarakat Tebo yang umumnya juga memproduksi batik  dengan beberapa motif  seperti batik Tapak Kudo, Rebung Nyengmum, Bungo Tanjung, Bambu runcing dan beberapa motif lain  yang telah menjadi milik  Daerah Kabupaten Tebo. 

Melalui penjelasan yang diberikan Ria Novita,S.Pd selaaku guru bidang studi mata pelajaran seni budaya di SMPN 01 Kabupaten Tebo. Tari Wastra Batik nantinya dapat menjadi proses pengenalan bagi peserta didik terhadap budaya yang dimiliki. Selanjutnya, Peserta didik mampu  mendalami budaya Kabupaten Tebo terutama Batik Tebo dan menjadikannya sebagai sebuah identitas,  peserta didik mampu mengekspolasi dan  membandingkan pengetahuan, kepercayaan dan praktek  budaya membuat Batik Tebo yang tersebar di wilayah  dalam  Kabupaten Tebo serta mampu menumbuhkan rasa menghormati  terhadap keanekaragaman budaya  Batik yang ada di Kabupaten Tebo. 

Saat elemen-elemen di atas tercapai. Maka, berkebinekaan  global sebagai salah satu Dimensi dari Profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kabupaten Tebo  bisa di wujudkan.

Penampilan Tari Wastra Batik SMPN 01 Tebo Pada Ajang FLS2N Tingkat Kabupaten

Sebagai guru seni budaya Ria Novita,S.Pd Terampil mengarahkan peserta didik untuk mengimplementasikan gerakan orang membatik lewat tarian Wastra batik. Sehingga peserta didik benar -benar meresapi keberadaan seorang pembantik. Berujung, saat peserta didik bisa dan mampu meresapi. Serta, memaknai  keberadaan pembuat  batik. Peserta didik dapat tumbuh menjadi peserta didik yang  memiliki identitas  dan menghormati keanekaragaman hasil budaya.

Tarian Wastra batik yang dibawakan oleh siswi -siswi SMPN 1 Kabupaten Tebo  merupakan praktik baik yang dilakukan   Ria Novita, S.Pd  dalam mengangkat kearifan lokal Kabupaten Tebo dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya. 

Selain sebagai praktik baik tarian Wastra batik  berhasil ditampilkan dalam ajang kompetisi  bidang seni  Festival dan Lomba Seni Siswa ( FLS2N ) yang digelar Kamis, 04 Agustus 2022. Bertempat, di aula diknas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Tebo . Pada ajang tersebut tarian ini mendapatkan Peringkat 2 dan berhak mengikuti ajang FLS2N jenjang Provinsi Jambi.

Selanjutnya Tarian Wastra batik akan dipersiapkan mengikuti kompetisi nasional secara daring. Semoga tarian Wastra Batik sebagai gambaran kearifan lokal Kabupaten Tebo dari SMPN 01 Tebo, mampu  menguatkan Profil Pelajar Pancasila dari dimensi berkebinekaan global utamanya di SMPN 01 Tebo, dan dapat diterima secara umum untuk kabupaten Tebo. /Tebo Pintar/


Diberdayakan oleh Blogger.