Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Foto Bersama Peserta Kegiatan Guru Mapel Bahasa Indonesia dan Matematika Kabupaten Tebo bersama Fasda

Muara Tebo, Disdikbud - Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Diseminasi Program Pintar Tanoto Foundation Guna Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Disdikbud Tebo telah usai digelar sejak tanggal 29 Agustus sampai 31 Agustus 2022 bertempat di SMPN 01 Tebo.

Kegiatan tersebut membawa kisah tersendiri bagi peserta yang mengikuti pelatihan. Salah satunya pada kegiatan di hari ketiga. Saat peserta melakukan praktik mengajar. Peserta yang mengikuti telah dibagi kelompok dan langsung melakukan praktik mengajar di beberapa sekolah di Kecamatan Tebo Tengah.

Praktik Mengajar sebagai salah satu kegiatan nyata dari hasil Pelatihan Diseminasi Program Pintar Tanoto Foundation yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo tentang Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP Tahun 2022. 

Pada praktik mengajar ini kelompok saya, Reni Aryanti dari SMP Negeri 41 Kabupaten Tebo, Bapak Sutriadi, S.Pd. dari SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo, dan Ibu Hesti Briza, S.Pd SMP Negeri 7 Kabupaten Tebo, dan kawan-kawan mendapat tempat praktik di SMPN 24 Kabupaten Tebo. 

Kami yang tergabung dalam satu tim praktik sangat antusias mengikuti kegiatan ini, ditambah dukungan dan arahan Fasilitator Daerah Tanoto Foundation yang memberi arahan dan masukan yang baik dalam melakukan praktik mengajar.

Peserta Didik Aktif Dalam Pembelajaran

Peserta Pelatihan Ikuti Praktik Mengajar di SMPN 24 Kabupaten Tebo

Kegiatan yang kami lakukan dengan menerapkan Kegiatan Belajar Aktif yang menggunakan Unsur MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) pada materi Bidang Kartesius, dan menggunakan LKPD yang menarik serta menerapkan konsep pertanyaan PIT (Produktif, Imajinatif, Terbuka) membuat pembelajaran matematika yang dirasa rumit menjadi lebih mengasyikkan.

Selanjutnya, berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan diakhir pembelajaran, semua siswa merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan. "Belajar matematika nya sangat menyenangkan Bu", tutur siswa secara serentak..

Itulah kisa pengalaman praktik mengajar kelompok kami. Semoga hasil pelatihan praktik baik yang diikuti semua peserta bisa diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah masing-masing.

Penulis Reni Aryanti, S.Pd.,Gr

Diberdayakan oleh Blogger.