Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud – Pada hari Kamis, 13 April 2023, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Ade Nofriza, S.STP., M.A.P melakukan kunjungan kerja yang dikemas dalam kegiatan “Bincang Pendidikan Bersama Bang Kadis Dikbud Kabupaten Tebo” dalam rangka melaksanakan instruksi Pj. Bupati Tebo H. Aspan, ST terkait dunia pendidikan dan tenaga kependidikan di Kabupaten Tebo. Untuk pertama kalinya kegiatan tersebut dilaksanakan di kecamatan VII Koto yang digelar di SD Negeri 058/VIII Pucuk Jambi mulai pukul 9.00 s.d. 12.30 WIB. Kecamatan VII Koto secara geografis merupakan kecamatan yang berada di wilayah perbatasan yakni berbatasan langsung dengan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Untuk selanjutnya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 11 kecamatan lainnya dalam wilayah Kabupaten Tebo.


Pada sesi pertama paparan Kadis Dikbud yang mulai tanggal 6 Maret 2023 sebagai orang nomor satu di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo ini memperkenalkan diri dengan menyampaikan profil terkait pribadi, riwayat keluarga, riwayat pendidikan hingga riwayat karirnya. Selanjutnya, beliau sampaikan hal-hal penting dan mendasar tentang upaya strategis bersama dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tebo yang saat ini berada pada peringkat 9 dari 11 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi.



Sehubungan dengan kualitas pendidikan di Kabupaten Tebo, Kadis menyampaikan Rapor Pendidikan Kabupaten Tebo Tahun 2022, di mana Rapor Pendidikan menampilkan hasil asesmen dan survei nasional suatu satuan pendidikan (Satdik) dalam Kabupaten Tebo. Satdik dan dinas dapat menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. Yang selanjutnya di satuan pendidikan akan menjadikan Rapor Pendidikan masing-masing satuan pendidikan sebagai dasar dalam Perencanaan Berbasis Data (PBD) untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret.

 

Selain itu, Perencanaan Berbasis Data (PBD) juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan  kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi lapangan. Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu Identifikasi, Refleksi, dan Benahi (IRB).

 

Kemudian, dalam paparannya, Kadis Dikbud Kabupaten Tebo juga menyampaikan terkait Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek yang saat ini Merdeka Belajar telah memasuki episode yang ke-24 yakni Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Berikut 24 episode dari Merdeka Belajar selengkapnya:

  1. Merdeka Belajar episode 1 : Asesmen Nasional, USBN, RPP dan PPDB
  2. Merdeka Belajar episode 2 : Kampus Merdeka
  3. Merdeka Belajar episode 3 : Penyaluran dan Penggunaan Dana BOS
  4. Merdeka Belajar episode 4 : Program Organisasi Penggerak
  5. Merdeka Belajar episode 5 : Guru Penggerak
  6. Merdeka Belajar episode 6 : Transformasi Dana Pemerintah untuk Perguruan Tinggi
  7. Merdeka Belajar episode 7 : Program Sekolah Penggerak
  8. Merdeka Belajar episode 8 : SMK Pusat Keunggulan
  9. Merdeka Belajar episode 9 : KIP Kuliah Merdeka
  10. Merdeka Belajar episode 10 : Perluasan Program Beasiswa LPDP
  11. Merdeka Belajar episode 11 : Kampus Merdeka Vokasi
  12. Merdeka Belajar episode 12 : Sekolah Aman Berbelanja dengan SIPLah
  13. Merdeka Belajar episode 13 : Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana
  14. Merdeka Belajar episode 14 : Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual
  15. Merdeka Belajar episode 15 : Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar
  16. Merdeka Belajar episode 16 : Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan
  17. Merdeka Belajar episode 17 : Revitalisasi Bahasa Daerah
  18. Merdeka Belajar episode 18 : Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana
  19. Merdeka Belajar Episode 19 : Rapor Pendidikan Indonesia
  20. Merdeka Belajar Episode 20 : Praktisi Mengajar
  21. Merdeka Belajar Episode 21 : Dana Abadi Perguruan Tinggi
  22. Merdeka Belajar Episode 22 : Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
  23. Merdeka Belajar Episode 23 : Buku Bacaan Bermutu Untuk Literasi Indonesia
  24. Merdeka Belajar Episode 24 : Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.


Dalam kesempatan yang sama, Kadis Dikbud membacakan pesan dari Pj. Bupati Tebo, H. Aspan, ST yang ditujukan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan di wilayah Kabupaten Tebo sebagai berikut:



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Saya H. Aspan, ST, Pj. Bupati Tebo:

 

Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Tebo, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bulan suci Ramadhan 1444 H Kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan yang ada di Kabupaten Tebo. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT.

 

Selanjutnya, saya berpesan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan, kecerdasan dan masa depan anak-anak bangsa ada di pundak bapak dan ibu sekalian. Untuk itu dengan segala kerendahan hati saya titipkan amanah ini kepada bapak dan ibu untuk dapat dijalankan sebaik-baiknya.

 

Saat ini, saya selaku Pj. Bupati Tebo tengah berusaha memikirkan formulasi terbaik yang dapat saya lakukan demi peningkatan kesejahteraan bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan sekalian. Mohon do’anya semoga formulasi ini dapat terwujud demi kesuksesan dan kelancaran kinerja kita bersama.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatian.

 

Ing Ngarsa Sung Tuladha

Ing Madya Mangun Karsa

Tut Wuri Handayani

 

Wassallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Pada sesi terakhir, tanya jawab dengan seluruh hadirin dan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penutup, selanjutnya Kadis Dikbud Kabupaten Tebo, Ade Nofriza, S.STP., M.A.P beserta segenap tim berpamitan untuk melanjutkan tugas kerja beliau di beberapa tempat lain yang akan berlangsung sampai dengan sore harinya. (Admin)


Diberdayakan oleh Blogger.