Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Di masa pandemi Covid-19, gerakan Pramuka Kwartir Cabang  Tebo tetap  berkomitmen untuk ikut serta  berperan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, meskipun pada masa pademi Covid-19 kegiatan kepramukaan sedikit terhambat akibat larangan berkerumunan dan mengumpulkan orang banyak. Namun, gerakan pramuka kwartir cabang gerakan pramuka Tebo tetap aktif untuk menyemarakan peringatan Hari  Pramuka ke 60  dengan kegiatan - kegiatan yang bersifat virtual.

Masa pandemi covid-19 anggota pramuka yang ada di kabupaten Tebo tetap hidup dan bergerak  sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan dinamika sosial. Dalam menjalankan perannya sebagai anggota gerakan pramuka Tebo ada tiga kunci yang harus tertanam dalam diri pramuka yaitu: harus  memiliki daya juang, harus memiliki daya guna/manfaat,  serta harus empati/simpati dan memiliki solidaritas yang tinggi .

Melalui 3 kunci utama yang tertanam dalam diri setiap anggota pramuka maka  gerakan pramuka bisa  merupakan media atau wadah yang efektif  untuk menempa generasi milenial  untuk tumbuh dan mengembangkan dirinya secara optimal demi nusa dan bangsa Memang pada dasarnya  merebaknya covid -19 di Indonesia.

Kegiatan - kegiatan kepramukaan saat ini sedikit mengalami kendala. Akan tetapi, pramuka sebagai bagian dari generasi milenial harus mampu beradaptasi. Pada masa pembiasaan kehidupan baru di tengah pandemi ini, gerakan pramuka menjadi sebuah bagian penting dan dibutuhkan dalam memberikan pencerahan kepada publik dan masyarakat  agar laju gerak COVID -19 bisa dicegah.

Beberapa pencerahan itu bisa dilakukan dengan menyampaikan  cara hidup sehat, memakai masker,mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan dan sebagainya.Gerakan pramuka mempunyai tugas  untuk mengklarifikasi asumsi yng muncul ditengah –tengah masyarakat  dan selalu mensosialisasikan  makna kehidupan normal baru sesuai anjuran pemerintah. Peran serta anggota gerakan pramuka Tebo dalam mensosialisasikan program pemerintah tentang  covid -19 tercermin dari kegiatan lomba yang diadakan kwartir cabang gerakan pramuka Tebo.

Rangkaian Kegiatan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo Tahun 2021

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo melaksanakan VIRTUAL   SCOUTS COMPETITION ,(VSC ) untuk golongan siaga diantaranya pelaksanaan  lomba yel –yel, dimana yel- yel merupakan identitas dari peserta didik gerakan pramuka. Kegiatan lomba yel –yel bagi golongan siaga ini merupakan kegiatan yang gembira sekaligus menjalin kekompakan dan persahabatan.

Salah satu peserta lomba yel-yel dari golongan siaga

Sementara  untuk golongan penggalang melaksanakan dua bentuk lomba yaitu  lomba pidato dengan tema pramuka dimasa pandemi atau pramuka dan pandemi, lomba pidato ini diikuti oleh satu putra dan satu putri dari gugus depan yang ada di Kwartir Cabang Gerakan pramuka Tebo.

Salah satu peserta lomba pidato putri  dari golongan penggalang

Lomba kedua  untuk golongan penggalang adalah lomba vokal group , menyanyikan Mars Pramuka Garuda sebagai wujud memperkenalkan upaya  pencapaian 1000 pramuka garuda di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  Tebo.

 

Salah satu peserta lomba Vokal Group dari golongan penggalang

Untuk golongan penegak dan pendega  dilakukan lomba LFI atau lomba Film Inspiratif  masih dengan tema pramuka dan pandemi, dimana pramuka mengajak seluruh lapisan masyarakat  untuk pencegahan covid -19 untuk tahun 2021. Selain kegiatan lomba- lomba secara virtual kwartir cabang gerakan pramuka Tebo juga melakukan penilaian terhadap calon Pramuka Garuda , baik dari golongan siaga,penggalang, dan penegak

 

Pengukuhan Pramuka Garuda

Untuk acara puncak akan dilaksanakan pelaksanaan ziarah makam pahlawan  tanggal  26 agustus 2021, dan malam harinya akan dilaksanakan acara renungan dan ulang janji bagi pengurus pramuka  bertempat di lapangan tenis rumah Dinas Bupati., bertindak sebagai pembina upacara adalah, Kak Dr.H.Sukandar,S.Kom,M.Si ,selaku  Kamabicab Gerakan Pramuka Tebo. 

Lalu akan dilakukan upacara puncak  Hari Pramuka pada Jumat 27 Agustus 2021 bertempat dilapangan Ex arena MTQ  komplek pengkantoran pal 12 dan bertidak sebagai pembina upacara adalah Kak Dr.H.Al-Haris ,S.Sos,MH selaku Kamabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi. 

Serangkaian kegiatan upacara diawali dengan laporan ucapan selamat datang oleh Kakak Ketua kwartir Cabang,laporan sambutan Kakak Ketua Kwartir Daerah dan kegiatan upacara.Pada upacara juga dilakukan penganugrahan tanda penghargaan orang dewasa gerakan pramuka ,diantara penggalungan Lencana Melati dan Darma Bakti dari Kwartir Nasional .

Untuk lencana Melati  diterima oleh kakak Drs.Supianto ,M.M,selaku  ketua Kwartir Rantinng Gerakan Pramuka Tebo Ulu. Sedangkan untuk Lencana Darma Bakti diterima oleh kakak  Nazar Efendi,SE.M.Si selaku ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo dan kakak Ike Fadli, S.Pdi selaku Kepala Sekretariat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo dan selanjutnya ada 49 pembina penerima Lencana  Pancawarsa diantaranya kak Syahlan,S.H wakil Majelis Pembimbing Cabang , Kak Sindi,SH,MH. selaku anggota Mabicab dan Kak Romi Candra ,SE selaku bendahara cabang dan kak Hendri Nora ST  selaku wakil ketua . Tidak ketinggalan  pemberian penghargaan kepada tokoh gerakan pramuka.

Ditengah pandemi Covid -19 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo berkomitmen menyukseskan  kegiatan Memperinganti Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021. Berbakti Tanpa Henti.

Penulis: Murni.S.Pd, Guru SMPN  01 Kabupaten Tebo

Editor: Tim Medsos Tebo Pintar


Diberdayakan oleh Blogger.