Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Cerita dalam dunia Pendidikan beragam dan menarik untuk dikupas dan di ulas. Berikut ini kami hadirkan sebuah kisah dari seorang tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Tebo.

Novpriadi,S.Pd.I, seorang pendidik kelahiran Sungai Bengkal, 21 November 1986 merupakan seorang suami dari Siti Fatimah, S.Pd.I dan Seorang Ayah dari Mahyudin Sulung. Beliau sebagai pendidik yang telah diangkat menjadi PNS/ASN sejak tahun 2010.

Novpriadi, S.Pd.I, Pendidik Di Kabupaten Tebo

Saat ini Novpriadi bertugas di SMPN 42 kabupaten Tebo dan mendapat amanah menjadi Kepala Satuan Pendidikan SMPN 42 Kabupaten Tebo sejak didirikannya SMPN 42 Kabupaten Tebo. 

Sebelumnya, Tahun 2015 Novpriadi bersama Komite yang berawal pada Juni 2015 menerima Amanah sebagai Ketua Komite Pembangunan Unit Sekolah Baru USB SMPN 42 KABUPATEN TEBO. Menerima Bentangan Tanah seluas 1,4 Ha yang telah didaftarkan sebagai lokasi awal SMPN 42. 

Dilanjutkan dengan mengikuti Diklat Teknis Pembangunan di Hotel Aston Cingkareng pada Juli 2015. Lalu, Memulai Proses Pekerjaan dengan Sistem swakelola Partisipasi Masyarakat. 

Dokumentasi SMPN 42 Kabupaten Tebo Saat Diresmikan Oleh Bupati Tebo

Seperti Pribahasa “Berakit-Rakit Kehulu, Berenang-Renang Ke Tepian, Bersakit-Sakit Dahulu Bersenang-Senang Kemudian” Proses Pekerjaan Luar Biasa karena Material di Datangkan dari Sungai Bengkal yang memerlukan Kesabaran Ektra harus Melewati Batanghari Menggunakan Pompong atau Transportasi untuk menyebrangi sungai, sehingga Jarak Jauh karena Memutar, Bentangan Jalan yang Sulit untuk ditempuh dan meyebabkan menguras energi dalam Pengerjaan nya.  

Namun berkat Kerjasama seluruh Lapisan Masyarakat pembangunan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga, Pembangunan USB SMPN 42 Kabupaten Tebo Selesai pada Maret 2016 dan sebuah catatan baik ditorehkan dengan Menjadi Terbaik 3 Seluruh Indonesia dalam Pembangunan USB 2015.

Kisah Sosok Inspiratif Dan Tangguh Novpriadi, S.Pd.I

Kabupaten Tebo dengan Wilayah Geografis yang 646.100 Ha atau 11,86% dari luas wilayah Provinsi Jambi menjadi tantangan pada Dunia Pendidikan terkait Beberapa Lokasi Satuan Pendidikan yang memiliki tantangan tersendiri untuk di Akses.

SMPN 42 Kabupaten Tebo Terletak di desa Muara Ketalo, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo. Peserta didik yang mengenyam Pendidikan di sana berasal dari desa Muara Ketalo. Dusun Lingkar Nago, Desa Teluk Rendah Ulu, Serta Anak-anak Pekerja di PT MAKIN Group.

Saat ini, Jumlah Personil di SMPN 42 Kabupaten Tebo adalah sebagai berikut; Kepsek 1, Guru PNS 3, Non PNS 7, Tendik Honorer 2, Dan Penjaga Sekolah 1. 

Novpriadi, S.Pd.I Selaku Kepala Satuan Pendidikan SMPN 42 Kabupaten Tebo Merupakan Sosok yang Tangguh karena setiap harinya harus menempuh perjalanan yang tidak mudah untuk sampai ke SMPN 42 Kabupaten Tebo. 

Perjalanan nya dari Rumah ke Sekolah Menghabiskan Waktu kurang lebih 20 Menit, Menempuh Jalan Lintas Jambi Tebo lebih Kurang 4 KM, Lalu Masuk Jalan Desa Lebih Kurang 2,5 KM. Lalu di Lanjutkan Menunggu Perahu Ketek Untuk Menyeberangi Sungai Batanghari.

Selain itu, perjalanan ini cukup menyita Waktu karena Harus Menunggu 4 Sepeda Motor Baru Bisa Berangkat. 

Cuaca dan Kondisi alam pun berpengaruh. Seperti Saat Kemarau Jalanan yang menurun semakin terjal dan berbahaya. Sedangkan bila musim penghujan datang Air Sungai Batanghari Naik dan membuat Banjir.

Dok :Kegiatan Novriadi S.Pd.I

Penggalan Cerita di Atas merupakan bagian kecil dari Para Pendidik yang ada di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi dengan Cerita perjuangan yang patut kita hargai Bersama-sama. 

Selain Perjuangan di atas Novpriadi,S.Pd.I Menorehkan banyak catatan prestasi yang luar biasa dan ternyata ia mempunyai sebuah gelar yaitu ‘DATO SERI RADEN TUMENGGUNG SETIO BUDAYO. Gelar Tersebut merupakan Pemberian Kesultanan Melayu Jambi Pelestarian.

Novpriadi, S.Pd.I Juga dengan kepedulian nya terhadap budaya yang ada di kabupaten Tebo. Mengambil peran untuk mengangkat Warisan Budaya Tak Benda Tradisi Mandi KA Aek Tahun 2020 dengan Serifikat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  

Selain itu ada penghargaan Lainnya yang Ia terima yaitu; 

1. Lencana Pancawarsa I Dari Kwarda Jambi Tahun 2015

2. Lencana Pancawarsa II Dari Kwarda Jambi Tahun 2020

3. Sertifikat Juara Harapan 1 Lomba Inovasi Pantun Covid dari BAPELITBANGDA PROVINSI JAMBI Tahun 2020.

Tidak hanya itu, Kesibukan Novpriadi,S.Pd.I bisa dibilang Luar biasa dengan beragam jabatan Organisasi yang melekat di luar profesinya sebagai guru. Ia aktif Di PRAMUKA, MUI, LPTQ, Lembaga Adat, PGRI, FPK/Forum Pembauran Kebangsaan dan AGPAII Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia.

Sedangkan SMPN 42 di Bawah Kepemimpinan nya pernah mendapatkan Juara 2 Sekolah sehat Tingkat Kabupaten Tebo pada tahun 2019.

Sungguh Inspiratif dan Sosok Tangguh dari Novpriadi, S.Pd.I dan Harapannya kelak Semoga SMP 42 Tegak sama Tinggi Duduk sama Rendah dengan Sekolah Lain.

Semoga Menginspirasi.

NB: Kisah di atas merupakan hasil dari Komunikasi dengan Narasumber Novpriadi, S.Pd.I. Selain itu Bagi Masyarakat, Pendidik dan tenaga Pendidikan yang ingin membagikan kisah Inspiratifnya di Lingkungan DISDIKBUD Pemkab Tebo. 

Menghubungi Narahubung: DWI ARIASIH Disdikbud Tebo


Diberdayakan oleh Blogger.