Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo bersama Wakil Bupati Tebo saat menyerahkan penghargaan kepada pelaku Warisan Budaya Tak Benda pada Pembukaan Pameran dan Pentas Seni GSMS

Muara Tebo, Disdikbud - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo menggelar Pameran dan Pentas Seni Budaya karya siswa Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) pada tanggal 13 hingga 14 Oktober 2021 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tebo yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo serta seluruh Kepala OPD dan Pimpinan Bank 9 Jambi, Pelaku Seni dan Budaya, Guru dan Sekolah Program GSMS Tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Sindi, SH., MH. dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Pameran dan Pentas Seni Budaya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini merupakan program yang diinisiasi Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan dan Mendikbud Ristek.


"Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh peserta pameran dan pentas seni budaya program gerakan seniman masuk sekolah tahun ini, yang mana kegiatan ini adalah merupakan Realisasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo.

Selain itu dijelaskan juga bahwa kegiatan GSMS dalam bentuk Program seniman memberikan pelajaran kesenian dan budaya ini dengan tujuan untuk membentuk minat bakat, membentuk karakter, meningkatkan ekosistem serta penanaman kecintaan terhadap seni dan budaya.


"Ada 10 Objek, salah satunya memajukan seni dan budaya, dan tahun ini program GSMS kita dibiayai APBN ada sebanyak 14 Sekolah dan dari APBD sebanyak 14 Sekolah, yang mana terdiri dari 20 Sekolah Dasar dan 8 SMP,"jelas Sindi, SH., MH. lagi.


Sementara itu Wakil Bupati Tebo Syahlan Arpan, SH. dalam sambutannya mengapresiasi karya siswa yang dipamerkan pada saat pembukaan,  serta penampilan seni tari yang ditampilkan siswa siswi dari Kecamatan Tengah Ilir.


"Terutama kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tebo menghaturkan terimakasih kepada penggiat seni dan pendidik Kabupaten Tebo, kegiatan ini sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan kita hari ini,"terang Wakil Bupati Tebo Syahlan Arpan, SH.


Melihat pelaksanaan kegiatan dan minat serta bakat para siswa pada pameran dan pentas seni GSMS Tahun 2021 ini, Wakil Bupati Tebo Syahlan Arpan, SH. berharap kedepannha Disdikbud Tebo agar merencanakan pembinaan sekolah denga alokasi yang lebih banyak lagi.


"Ini sangat luar biasa, saya kaget melihat penampilan tarian siswa kita tadi, yang tidak kalah bagusnya dengan penari Pemda kita. Bahkan tadi saya juga melihat karya siswa kita yang dapat dikatakan hampir sama dengan karya siswa di Yogyakarta. Saya berharap kedepannya anggaran untuk kegiatan ini dapat diusulkan dengan jumlah yang lebih besar, sehingga lebih banyak sekolah yang dapat mengikuti kegiatan ini,"pungkas Wakil Bupati Tebo.


Sementara itu dalam acara tersebut juga hadir tokoh dan pelaku seni dan budaya di Kabupaten Tebo, salah satunya yaitu pelaku Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di tahun 2020, yaitu Novriadi Kepala SMP Negeri 42 Tebo dan Maestro Karya Budaya, Aminah.

Diberdayakan oleh Blogger.