Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Senin, tanggal 25 Oktober 2021 pelatihan modul 2 yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation termasuk Kabupaten Tebo resmi dirilis. Pola pelatihan modul 2 ini berbeda dengan yang dilakukan pada modul 1. Pola pelatihan pada modul 2  menggunakan LMS ( learning Management  System  ) moodle dengan terlebih dahulu masuk pada pintartanoto.id. Perlatihan yang dimulai senin  ini diawali dengan pra pelatihan ( on boarding ).

Kegiatan on boarding atau persiapan pelatihan untuk modul 2 ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021 bertempat di SMPN 31 Kabupaten Tebo. Kegiatan on boarding dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Sindi,S.H,M.H., Bapak Upomo selaku pengawas SMP dan sekaligus MBS, kepala sekolah mitra dan guru-guru  sekolah mitra yang berasal dari 5 mapel yaitu, IPA, IPS, Bahasa Indonesia , Bahasa Inggris dan Matematika.Kegiatan ini langsung dibuka oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Bapak Sindi, S.H,M.H.

Kegiatan dibuka dan dihadiri Oleh Kadis Disdikbud Tebo Sind, S.H. M.H

Dalam sambutnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Sindi, S.H.M.H mengatakan bahwa guru –guru untuk saat ini harus adaptif teknologi.Karena nantinya desa atau sekolah-sekolah yang belum ada sinyal atau sinyalnya lemot maka tahun 2022 akan menjadi perhatian pemerintah untuk membangun tower –tower. Dengan begitu ke depannya pembelajaran kita akan mempergunakan aplikasi –aplikasi  yang di dalamnya ada konten-konten pembelajaran.  

Salah satunya aplikasi yang diperkenalkan pada pelatihan modul 2 ini  adalah aplikasi LMS Moodle  pada halaman pintartanoto.id. Guru-guru mitra Kabupaten Tebo harus familiar  dengan LMS ini . Kedepanya pola pelatihan-pelatihan  dan pembelajaran, apalagi sekolah –sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak  akan menpergunakan berbagai bentuk LMS dalam kegiatan pengembangan seluruh komponen yang ada di sekolah.

Pembukaan kegiatan On Boarding Oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Sindi,S.H.M.H

Dalam kesempatan yang sama Bapak Sindi,S.H.M,H juga menghimbau dan memotivasi  guru-guru di Kabupaten Tebo untuk berpartisipasi dalam pendaftaran guru penggerak. Karena nantinya untuk pengangkatan kepala sekolah dan pengawas akan diusulkan dari guru penggerak. Dan yang tak kalah pentingnya kepala dinas pendidikan dan kebudayaan berpesan  ikutilah pelatihan ini dengan maksimal.

Setelah kegiatan pembukaan oleh Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pra pelatihan untuk  kepala sekolah dan guru senior, serta guru-guru mitra , yang terdiri dari kelompok guru IPA, kelompok Guru IPS, kelompok guru Bahasa Indonsia, Kelompok guru Bahasa Inggris dan kelompok guru matematika. 

Dokumentasi Photo Peserta Kegiatan On Boarding Pelatihan Modul 2

Pada kegiatan on boarding ( pra pelatihan dengan mempergunakan LMS Moodle ini peserta guru-guru sekolah mitra sangat antusias. Guru-guru sekolah mitra yang terdiri dari 5 mapel  mendengar penjelasan dari Fasda pembelajaran dengan seksama dan mencoba simulasi untuk masuk ke dalam kelas sesuai dengan topik yang sudah dipersiapkan untuk setiap mata pelajaran.Dari 60 peserta yang hadir  85 % sudah bisa masuk kelas dan yang  15 % belum bisa masuk kelas akibat gangguan sinyal dan kesalahan email yang terdaftar dalam pintartanoto.id.

Simulasi untuk masuk pada LMS moodle ini akan sangat membantu guru-guru sekolah mitra untuk mengikuti pelatihan modul 2 yang akan dimulai senin 25 Oktober 2021 sampai Februari 2022 yng dilaksanakan dengan pola asinkron ( pembelajaran mandiri )  dan pola sinkron ( tatap muka melalui zoom dan terjadwal ).

Kontributor :Murni.S.Pd ( Fasilitator Daerah/ Guru SMPN 1 Kab Tebo )

Silahkan untuk berbagi Informasi melalui Narahubung Tebo Pintar: Dwi Ariasih Disdikbud Tebo

Diberdayakan oleh Blogger.