Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Tanoto Foundation Selenggarakan Pelatihan Enumerator Kabupaten Tebo

Disdikbud Tebo- Bertempat di Hotel Grand Ratu Rimbo Bujang, Tanoto Foundation kembali menggelar Pelatihan Enumerator Kabupaten Tebo. Sebanyak 11 orang yang terdiri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru tingkat sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Tebo direkrut untuk mengikuti pelatihan Enumerator. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, 21-22 Oktober 2021.

Diawali oleh sambutan Training Spesialis Tanoto Foundation Provinsi Jambi Ibu Yusriwiati menyampaikan bahwa dalam pelatihan Enumerator yang dilakukan oleh Tanoto Foundation ada tiga tahap kegiatan yaitu Based Line, Mid line dan End Line, dimana pada kegiatan kali ini pelatihan berada pada pada tahapan Mid line (Data Tengah Program). 

Tampak hadir saat itu Bapak Edwin Yohanes, Monitoring Evaluation Spesialis (MES) dari Provinsi Riau dan Bapak Satri Siswanto, Monitoring Evaluation Spesialis dari Provinsi Jambi yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan Enumerator Kabupaten Tebo.

Dalam pemaparan materinya MES menyampaikan bahwa peserta pelatihan nantinya akan menjadi petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam pengumpulan data. Pengumpulan data sendiri akan dilakukan di sekolah-sekolah mitra Tanoto Foundation Provinsi Jambi dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta tes untuk siswa. 

Pada pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, peserta dibekali dengan materi yang menyangkut instrumen-instrumen penting yang akan digunakan dalam pengumpulan data. Materi terkait antara lain tentang tujuan pengambilan data, metodologi pengumpulan data, kuesioner sekolah dan aplikasi yang akan digunakan untuk mengumpulkan data serta diakhiri dengan kegiatan simulasi yang dilakukan ke sekolah-sekolah mitra yang ditunjuk. 

Selain itu, peserta pelatihan juga diajarkan menggunakan teknik probing dalam wawancara. Teknik probing merupakan teknik yang digunakan oleh pewawancara untuk merangsang pikiran responden sehingga pewawancara mendapat informasi yang lebih banyak, dalam hal ini pewawancara diminta harus komunikatif, rileks, interaktif, akrab dan kritis dengan tidak memojokkan responden.

Dokumentasi Pembukaan Pelatihan Enumerator Kabupaten Tebo yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten tebo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Bapak Sindi, S.H, M.H yang turut hadir menyambut baik adanya pelatihan ini dan menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan agar peserta yang dipercayakan sebagai Enumerator bisa memahami terkait pendataan terkhusus tentang pendataan di dunia pendidikan. “Oleh sebab itu saya berharap, agar Enumerator terpilih bisa mengikuti dan berperan aktif dalam pelatihan ini, sehingga bisa melakukan pendataan di lapangan dengan baik” ujarnya. 

Lebih lanjut Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo memberi pemaparan kepada peserta pelatihan tentang pentingnya validitas data yang didapat. Hal ini tentu akan berdampak pada hasil analisa nantinya.

Dokumentasi Enumeratot Bersama MES

Ibu Hepi Kurniati, salah satu peserta mengatakan bahwa merasa senang dilibatkan dengan kegiatan pelatihan ini. "Ya saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, banyak ilmu yang kami dapatkan, khususnya berkaitan dengan pengambilan data, instrumen penelitian dan aplikasi yang digunakan dalam melakukan pendataan. Saat melakukan simulasi ternyata ada tantangan sendiri yang kami temui di lapangan saat mencari data" ungkapnya.

Dokumentasi Simulasi Ke sekolah Mitra

Selanjutnya data yang diambil oleh Enumerator nantinya pada saat pengambilan data mid line akan diteruskan ke Tanoto Foundation untuk dianalisis. Analisis yang diharapkan antara lain untuk melihat sejauh mana program yang sudah berjalan berhasil pelaksanaannya atau tidak. Data yang didapat nantinya juga akan dijadikan sebagai rekomendasi dan masukan untuk pelaksanaan program di tahun-tahun berikutnya. / Tebo Pintar /

Kontributor : Dicky Eka Putra, S.Pd., M.Pd

Silahkan untuk berbagi informasi melalui Narahubung Tebo Pintar : Dwi Ariasih Disdikbud Tebo

Diberdayakan oleh Blogger.