Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

7 Aspek Dalam Kompetensi Pedagogik Yang Harus Dikuasai Guru TIK 

Anggiat, S.Pd :  (Guru TIK, SMPN 01 Tebo)
                                                            
Muara Tebo, Disdikbud Tebo - Menjadi guru adalah suatu tugas yang baik dan mulia kerena guru adalah motor penggerak pendidikan secara keselurauhan aspek peserta didik, intelektual, sosial, emosional, sikap dan perilaku peserta didik sehingga menjadikan peserta didik menjadi manusia yang berpengetahuan, cerdas, terampil, dan berbudi pekerti yang luhur.

Seorang guru harus memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang baik dan profesional sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang dicita –citakan.

Diantara banyak kompetensi yang harus dimiliki guru, minimal guru haraus memiliki empat  kompetensi  ,menurut UU No 14 Th .2005 pasal 8, dinyatakan beberapa kompetensi yang wajib dimiliki guru seperti kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Salah satunya yang tidak kalah penting harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Demikian juga dengan guru TIK, guru TIK harus memiliki kompetensi pedagogik agar mampu membelajarkan peserta didik dalam proses pembelajaran yang mengacu pada tujan pembelajaran yang akan dicapai.

Sebelum terlaksana proses pembelajaran lebih jauh, seorang guru tik harus memiliki kompetensi padagogik sehingga guru TIK mampu merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi proses pembelajaran dengan lebih baik serta tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik.

Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pemebelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kegiatan Mengajar Guru TIK

Untuk mempunyai seorang guru TIK dalam menerapkan kompetensi padagogiknya dalam proses pembelajaran setidaknya ada 7 aspek dalam kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh guru, seperti :

1. Karekteristik para peserta didik. Dari informasi mengenai karakter istik peserta didik, guru harus bisa menyesuaikan diri untuk membantu pembelajaran pada tiap – tiap peserta didik.Karakteristik yang perlu dilihat meliputi aspek intelektual, emosional, sosial, moral, fisik dan lain – lain.

2. Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Guru harus bisa menerangkan teori pelajaran secara jelas pada peserta didik. Menggunakan pendekatan tertentu dengan menerapkan stratergi, teknik atau metode yang kreatif.

3. Pengembangan kurikulum. Guru harus bisa menyusun silabus dan RPP sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan .Mengembangkan kurikulum mengacu pada relevansi, efisien, efektivitas, kontinuitas, integritas dan fleksibelitas.

4. Pembelajaran yang mendidik. Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran, namun juga melakukan pemdampingan.Materi pelajaran dan sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Pengembangan potensi para peserta didik. Setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda- beda. Guru harus  mampu menganalisis  hal tersebut dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, supaya setiap peserta didik bisa mengembangkan potensinya.

6. Cara berkomunikasi. Sebagai guru harus bisa berkomunikasi dengan santun dan penuh empati pada peserta didik.

7. Penilaian dan evaluasi belajar. Penilaianya meliputi hasil dan proses belajar. Dilakukan secara berkesinambungan. Evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran juga harus bisa dilakukan.

Ketujuh aspek dalam kompetensi pedagogik tersebut diatas harus dimiliki oleh seorang guru, tidak terkecuali guru TIK. Kompetensi Pedagogik bisa diperoleh melalui proses belajar masing – masing guru secara terus menerus dan tersistematis, baik sebelum menjadi guru maupun setelah menjadi guru.

Maka sudah menjadi suatu keharusan dan sangat penting bagi guru, khususnya guru TIK untuk memiliki kompatensi pedagogik. Serta, selalu belajar dan belajar menyempurnakan kompentsi pedagogiknya dari waktu ke waktu demi tercapainya baik perencanan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran yang mengacu pada tujuan pembelajaran.

Oleh Anggiat, S.Pd (Guru TIK SMPN 01 Kabupaten Tebo)


Diberdayakan oleh Blogger.