Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud Tebo - Setelah mendapatkan pelatihan tentang Enumerasi beberapa waktu lalu, akhirnya Tim Enumerator Kab. Tebo berhasil menjalankan tugas pertamanya dengan sukses di kabupaten tetangga, Muaro Jambi. Enumerasi atau yang lebih familiar kita dengar dengan istilah survei ini sendiri diadakan dari tanggal 8 s/d 9 November 2021. 


Tim Enumerator terbagi menjadi dua tim, yakni Tim Enumerator SD dan SMP. Tim SD beranggotakan delapan orang Fasda, yang terdiri atas dua orang Fasda MBS dan enam orang Fasda Pembelajaran. Sedangkan Tim Enumerator SMP beranggotakan tiga orang Fasda Pembelajaran. 

Adapun sekolah yang menjadi sampel untuk Enumerasi ini adalah, SDN 076/IX  Mendalo Darat, SDN 236/IX Aur Duri, SMPN 30 Muaro Jambi, MIS Nurul Hikmah, MIS Nurul Iman, MTs N 8 Muaro Jambi.  

Untuk jenjang SMP Survei ini sendiri meliputi pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA di kelas VIII. 

Kemudian dilanjutkan dengan Tes Siswa di dua kelas yang sama, dan wawancara dengan orang tua siswa, sedangkan untuk MBS dilaksanakan melalui FGD (Forum Group Discussion) antara Kepala Sekolah, Ketua Komite dan satu orang anggotanya, serta dua orang guru senior di sekolah tersebut. 

Sedangkan untuk tingkat SD Tes Bahasa Indonesia dan Matematika masing-masing diadakan di kelas IVA dan IVB, IPA di kelas V, Literasi dan Numerasi di kelas II. Untuk MBS relatif sama dengan tingkat SMP.

Untuk instrumen yang digunakan tidak lagi berbasis kertas tetapi sudah berbasis Android. Yakni menggunakan aplikasi Kobocollect yang didownload dari Playstore. Tanpa menunggu waktu lama, tepatnya masih dihari yang sama dengan pelaksanaan pengamatan dan wawancara, hasil survei Tim Enumerator Kab. Tebo di sekolah LPTK UNJA dan UIN ini pun bisa langsung dikumpulkan ke pihak Tanoto Foundation melalui aplikasi Kobocollect ini. 

Harapan kami, semoga nantinya hasil dari survei yang Kami lakukan ini dapat membantu Tim TF untuk menarik kesimpulan tentang seberapa jauh Program Pintar yang telah dilatihkan berjalan dengan baik di Sekolah mitranya./Tebo Pintar/

Diberdayakan oleh Blogger.