Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Mulyani AM, S.Pd.SD Sedang Mensupervisi Guru di SDN 200/VIII Sungai Karang, Kec. VII Koto Ilir

Muara Tebo, Disdikbud -  "Menjadi pendidik dan kepala sekolah adalah pekerjaan yang menyenangkan, karena mendapat kepercayaan yang harus sangat disyukuri dan selalu ingat dengan amanat yang dibebankan. Saya sangat bersyukur dengan pengalaman dan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan ini, seperti bagaimana cara mengatur lingkungan, siswa, dan terlebih lagi saya bisa bermanfaat pada dunia pendidikan"

Kalimat di atas adalah sebuah ungkapan dari salah satu pendidik di kabupaten  Tebo bernama Mulyani AM, S.Pd.SD yang merupakan seorang kapala Sekolah di SDN 200/VIII Sungai Karang. Usia yang tidak muda lagi namun semangatnya tetap terbarukan karena kecintaannya terhadap profesinya sebagai seorang pendidik di jenjang Sekolah dasar (SD).

Mulyani AM, S.Pd.SD mengungkapkan perasaan dengan bersemangat kepada Tebo Pintar Setelah mengikuti kegiatan Bimtek di Awal Bulan November 2021. Kegiatan Bimtek Supervisi Akademik yang di adakan Disdikbud Tebo tersebut mampu menyegarkan kembali pengetahuannya tentang Cara melakukan Supervisi Akademik di Satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Setelah kegiatan Bimtek Supervisi Akademik Mulyani AM, S.Pd.SD menyampaikan tentang : Ada 13 langkah Mensupervisi Guru dan Wajib dipahami seorang Kepala SD.

13 Langkah Mensupervisi Guru

1. Menyusun program supervisi akademik

2. Menyusun program supervisi akademik

3. Instrumen telaah perangkat pembelajaran

4. Instrumen telaah RPP

5. Instrumen telaah soal hots

6. Lembar supervisi penilaian hasil belajar

7. Panduan wawancara pra observasi

8. Instrumen observasi

9. Panduan wawancara pasca observasi

10. Tindak lanjut supervisi akademik

11. Analisis hasil supervisi

12. Menyusun rencana tindak lanjut supervisi akademik

13. Rekapitulasi pemberian umpan balik.

Mulyani AM, S.Pd.SD saat ini terus mengasah keterampilannya dengan menerapkan  13 langkah di atas untuk melakukan supervisi akademik di satuan pendidikan yang di pimpinnya. Ia pun menuturkan "Sebagai dasar untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, sehingga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas proses belajar peserta didik, serta menjadi seorang pemimpin yang dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga peserta didik dapat menerima layanan pembelajaran yang terbaik.." Tutur Mulyani AM, S.Pd.SD

Kegiatan Bimtek Supervisi Akdemik yang diperoleh diikutinya dapat membantu dirinya dan sekolah dalam pemberian layanan pada guru dan untuk dapat bekerja dengan baik. Sehingga, mampu melaksanakan proses belajar mengajar yang berkualitas, menyenangkan dan  inovatif Kepada siswa/siswi di Sekolah. Setelah menerapkan supervisi akademik ini.

"Kedepannya kepala sekolah bisa untuk menilai Bagaimana cara meningkatkan kinerja guru, dan Membantu para guru dalam memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran". Terang Mulyani AM, S.Pd.SD.

Ada Info baik dari Sekolah Dasar Negeri NO. 200/VIII Sungai Karang, Kecamatan VII Koto Ilir, Kabupaten Tebo yang ternyata punya Keunggulan, SDN 200/VIII Sungai karang telah memiliki jaringan Internet untuk menunjang jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Letak Geografis tidak menjadi sebuah penghalang untuk mencerdaskan anak-anak yang mengenyam pendidikan di SD tersebut.

Diberdayakan oleh Blogger.