Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Menindaklanjuti surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo No. 800/68/DIKBUD/2022  tanggal 18 Januari 2022 tentang SKP per-Semester. Maka pengawas, K3S dan OPS kecamatan Tebo Ulu menggelar kegiatan Sosialisasi Penyusunan SKP Jabatan Fungsional Guru Berdasarkan PP No. 30 Tahun 2021 Jo Permenpan RB No. 8 Tahun 2021 pada hari Kamis, 27 Januari 2022 di SD Negeri 022/VIII Tk. Rambahan Kec.Tebo Ulu.


Dalam kesempatan tersebut, hadir pengawas TK, Ahmad Fauzi, S.Pd serta pengawas SD wilayah Kec. Tebo Ulu, Nani Yusepa, S.Pd,SD,  Soeradi, S.Pd, Sularjo, S.Pd dan Sugito, S.Pd, dan seluruh kepala sekolah dan operator se-kecamatan Tebo Ulu. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh guru SDN 022/VIII TK. Rambahan, Setia Wati, S.Pd dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Ahmad Haris, S.Pd.


Muhammad Suhaili S.Pd selaku  kepala SDN 022/VIII TK. Rambahan yang baru 3 bulan menjabat menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat dan antusias menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Selanjutnya, selaku Ketua K3S (Adi Siswono, S.Pd) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini berkat koordinasi yang baik antara pengawas, K3S dan Operator SD Kecamatan Tebo Ulu.


Di sesi selanjutnya adalah sambutan pengawas yang disampaikan oleh Sularjo S.Pd, beliau menyampaikan sambutannya tentang Tupoksi tenaga administrasi atau operator sekolah salah satunya membantu kegiatan administrasi di sekolah terlaksana dengan baik dan dapat bekerjasama dengan kepala sekolah dalam memajukan sekolah khususnya melalui optimalisasi data Pendidikan yang berkualitas, tepat, dan akurat.


Kemudian, Korwilcam Tebo Ulu, Nani Yusepa, S.Pd.SD dalam sambutannya menyampaikan akan pentingnya sosialisasi SKP terbaru yang mana SKP untuk tahun 2021 semestinya harus sudah di tuntaskan di bulan Januari 2022 ini, diharapkan momen sosialisasi ini dapat dimanfaatkan dan diikuti dengan baik serta segera di realisasikan disekolah masing-masing agar tidak timbul kesimpang siuran informasi yang berkembang tentang SKP tahun 2021 diantara guru dan Tendik. Selain sosialisasi SKP, harapan lainnya dengan berkumpul dan duduk bersama pengarwas, K3S dan OPS diharapkan silaturrahmi dan kerjasama yang kuat dengan semangat  untuk membangun sekolah menjadi lebih baik di kecamatanTebo Ulu.


Memasuki kegiatan inti yaitu pemaparan materi penyusunan SKP tahun 2021 secara kolaboratif oleh pengawas di wilayah kecamatan Tebo Ulu, Sugito, S.Pd bersama pengawas lainnya di wilayah kecamatan Tebo Ulu yang sebelumnya juga sudah mengikuti kegiatan sosialisasi penyusunan SKP Jabatan Fungsional Guru Berdasarkan PP No. 30 Tahun 2019 Jo Permenpan RB No. 8 tahun 2021 di Dinas Dikbud Kab. Tebo pada tanggal 24 Januari 2022.


Dalam penyampaian materi tersebut, dipaparkan Penyusunan SKP dan Penilaian Kinerja PNS di tahun 2021 akan dilaksanakan berdasarkan dua ketentuan, yaitu Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Perka BKN) No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 8 tahun 2021 tentang Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai. SKP Tahun 2021 dibagi atas dua periode, yaitu :


1)  Januari – Juni. Tata cara Penyusunan SKP mengikuti ketentuan Perka BKN No. 1 Tahun 2013 dan wajib ditetapkan paling lambat akhir Januari. Penyusunan kegiatan tugas jabatan dan target pada SKP periode ini mempertimbangkan kurun waktu penyelesaian/pencapaian sesuai periode dimaksud.

2)  Juli – Desember. Tata cara Penyusunan SKP mengikuti ketentuan PP No. 30 Tahun 2019 dan wajib ditetapkan paling lambat akhir Juli.


Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah tanggapan dan harapan dari perwakilan operator SD yang disampaikan oleh ketua FOPPSI Kec. Tebo Ulu, Edi Usman, S.Pd.I agar pengawas dan kepala sekolah dapat mengfasilitasi dan memberi dukungan  untuk peningkatan kompetensi operator sekolah di wilayah kecamatan Tebo Ulu untuk melaksanakan Bimtek (workshop) dengan mendatangkan narasumber  yang  berkompeten di bidangnya. Pengawas dan K3S menyambut baik harapan dari ketua FOPPSI tersebut.


Pelaksanaan kegiatan sosialisasi penyusunan SKP tahun 2021 terlaksana dengan baik tak terlepas juga dari partisipasi dan dari peran pembawa acara yakni sekretaris K3S kecamatan Tebo, Hendriza, S.Pd Ulu yang telah mengarah dan mengatur rangkaian kegiatan berlangsung runtut, serta dukungan dari semua pihak yang terlibat mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dengan baik.


Kontributor : Nani Yusepa, S.Pd.SD

Diberdayakan oleh Blogger.