Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud - Literasi adalah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa.

SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu yang terletak dijalan Anggrek Desa suka damai Rimbo Ulu merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang mengadakan kegiatan Literasi untuk peserta didiknya di lingkungan pendidikan Kabupaten Tebo. 

“Sebelum pandemi Covid-19 mewabah SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu telah melaksanakan kegiatan literasi, setelah cukup lama tidak dilakaukan sejak awal Januari 2022 ini SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu kembali menggalakkan kegiatan literasi.” demikian kata Bapak Supratik, S.Pd selaku kepala sekolah.

Kegiatan literasi yang dilakukan di SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu mengarah pada Literasi Keagamaan, dimana peserta didik membaca surat pendek, Al-berjanji, cerita para nabi dan rasul, dan lain-lain.

Penerapan Waktu Pelaksanaan Kegiatan Literasi Keagamaan

Kegiatan Literasi Keagamaan di SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu, sebagai kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan pada setiap hari Jum’at sebelum jam pertama kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Kegiatan  Literasi Keagaamaan di SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu menggunakan alokasi waktu selama tiga puluh menit. Serta dengan pendampingan oleh bapak dan ibu guru kelas. Melalui pendampingan bapak/ibu guru kelas kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Tantangan dan Manfaat Kegiatan

Salah satu persoalan, tantangan secara umum dikarenakan rendahnya minat peserta didik terhadap bacaan atau melakukan kegiatan literasi. Hal tersebut menjadi salah satu tantangan yang dihadapi dari sekian banyak tantangan lainnya. Namun, Kepala SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu beserta dewan guru menjadikan tantangan tersebut menjadi suatu masalah yang mampu dihadapi dengan kebersamaan dengan cita-cita memberi manfaat kepada peserta didik untuk terus berliterasi. Selain itu, tantangan yang ada menjadi motivasi untuk peningkatan mutu pendidikan dari kegiatan literasi tersebut di SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu.

Selama proses kegiatan bapak/ibu guru kelas dan peserta didik melaksanakan sebuah kegiatan dengan sebutan kegiatan literasi teras dengan menjadikan Teras Kelas menjadi tempat kegiatan literasi tersebut di SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu.

SD Negeri 80/VIII Rimbo Ulu menjadikan kegiatan tersebut sebagai sebuah harapan untuk mewujudkan sebuah capaian bahwa peserta didik akan mampu meningkatkan pemahaman tentang keagamaan dan terjadinya perubahan pada peserta didik yang sesuai dengan dua karakter pelajar pancasila yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia. /Tebo Pintar/

Penulis : Arief Prasetiyawan, S.Pd

Diberdayakan oleh Blogger.