Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Dokumentasi SMPN 23 Kabupaten Tebo Support ANBK Tingkat SD Tahun 2021

Muara Tebo, Disdikbud - Dilihat posisi sekolah secara geografis dan sosial masyarakat setempat, merupakan tantangan bagi Bapak Agus Jasmadi, S. Pd. selaku Kepala  SMP Negeri 23 Kabupaten Tebo lokasi sekolah yang berada di daerah perkebunan dengan mayoritas masyarakat petani perkebunan. Beberapa ruas jalan yang merupakan akses kesekolah belum aspal, jaringan listrik belum seluruhnya tersedia, akses internet yang belum memadai. 

Melalui menegemen berbasis sekolah bapak Kepala  SMP Negeri 23 Kabupaten Tebo Memilah-milah berdasarkan skala prioritas, sambil mengupayakan terobosan lain yang baik dan benar. Terobosan berupa kewirausahaan kepala sekolah melalui pelibatan keluarga dan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Kepala Sekolah atau boleh disebut sebagai 'stakeholder' biasanya bahagia apabila sistem di satuan pendidikannya berjalan sesuai dengan semestinya. Tim kerja solid, mudah diarahkan, kompak, kerjasama, dan semua lancar. 

Tujuan pendidikan tercapai tanpa menyisakan kendala yang berarti. Demikian juga dialami sekolah ini, juga sekolah lainnya, namun orientasi kesuksesan bukan semata kepada hasil, tetapi kesuksesan apabila bisa menjalankan tugas dengan baik.

Agus jasmadi, S.Pd berusaha mengoptimalkan pembangunan di setiap lini satuan pendidikan yang dipimpinya dengan terus menggali kewirausahaan diri sebagai seorang kepala sekolah. Selanjutnya berdasarkan dengan Permendiknas No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. 

Salah satu dari kelima dimensi itu adalah kompetensi kewirausahaan. Untuk itu perlu dipahami tugas kepala sekolah sebagai pengembang kewirausahaan. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengembang kewirausahaan, seorang kepala sekolah harus memenuhi kriteria kompetensi sebagai berikut:

1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah

2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif

3. Memiliki motivasi kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah

4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang terjadi di sekolah/madrasah

5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber balajar

Pesan dan Harapan Kepala SMPN 23 Kabupaten Tebo

Kepala SMPN 23 Kabupaten Tebo meyakini ia tidak sendirian dan terus menjalin hubungan dengan warga sekolah baik peserta didik, Guru dan Tenaga Kependidikan serta orang tua/wali murid. Maka berbagai pesan dan harapan berupa ajakan pun ditebar sebagai sebuah pendekatan. 

Beberapa harapan yang disampaikan agus jasmadi, S.Pd di antaranya; 1)Kepada peserta didik, "Gunakan waktu belajar dengan baik", 2) Kepada GTK "Guru adalah pilihan bekerjalah dengan ikhlas dan sebaik-baiknya" Kepada PNS, "Jadilah aparatur yang profesional, bekerja sesuai dengan tupoksi", 3) Kepada pemerintah, "Mudah- mudahan ke depan pemerintah mampu menciptakan pendidikan yang merata" Kepada masyarakat, "Pendidikan itu tugas bersama, orang tua juga bertanggung jawab terhadap perkembangan pendidikan sekolah.", 4)Kepada perusahaan, "Perusahaan dapat membantu sekolah melalui CSR-nya, sehingga bermanfaat untuk masyarakat sekitar". 

Selama memegang amanah sebagai seorang kepala SMPN 23 Kabupaten Tebo. Pengalaman pahit dan manis dalam menjalankan manajerial sekolah dalam melaksanakan kewirausahaan telah dikenyam nya beberapa tahun. sebuah slogan pantang menyerah yang disampaikan Agus Jasmadi, S.Pd adalah "usaha tak akan menghianati hasil. Buah manis dan ranum sudah layak petik". 

Selain itu ada Pesan-pesan yang ingin dibagi oleh Kepala SMPN 23 Kabupaten Tebo:

1. Berbuatlah dimana kita ditempatkan.

2. Bekerjalah dari hati, keluarlah dari zona aman.

3. Kepala Sekolah adalah amanah, embanlah sebaik-baiknya.

Banyak praktik baik dari berbagai kepala sekolah yang perlu kita publikasikan sebagai modal dan model sekolah lain untuk memulai atau menambah semangat kewirausahaan dan salah satunya dari SMPN 23 Kabupaten Tebo. Semoga Menginspirasi kita semua. /Tebo Pintar/

Narasumber : Agus Jasmadi, S.Pd


Diberdayakan oleh Blogger.