Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Beliau merupakan Kepala SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo, menyelesaikan S1/AKTA IV Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Jambi Tahun 1999. Diangkat menjadi Kepala Sekolah Pada Tanggal 2 Oktober 2013 di SMP Negeri 20 Kabupaten Tebo. Pada Tanggal 20 Oktober 2015 Dipindah tugaskan di SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo.


SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo terletak di Jalan Anggur Desa Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Propinsi Jambi. terletak di ibu kota Kecamatan Rimbo Ilir Di Kelilingi Oleh 4 Desa Pendukung yaitu Desa Sido Rejo, Desa Pulung Rejo, Desa Giri Purno Dan Desa Sepakat Bersatu. Dari ke empat Desa pendukung tersebut mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani/pekebun.


Selain sebagai ASN saya juga berkecimpung dalam kegiatan kemasyarakatan aktif sebagai pengurus LPTQ di kecamatan rimbo ilir dalam kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. Sebagai ketua 1 pengurus pramuka ranting kecamatan Rimbo Ilir, wakil ketua PGRI Kecamatan Rimbo Ilir ikut pada tanoto pundation sebagai FASDA MBS dalam Rangka menambah wawasan di bidang pedidikan.


Dalam menjalankan roda kepemimpinan di SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo, Rismawaldi telah memberikan banyak penghargaan untuk sekolahnya, bahkan untuk Kabupaten Tebo, salah satunya yaitu Swasti Saba Wiwarda II.


"Kiat yang saya lakukan untuk meraih prestasi adalah keikhlasan, karena keikhlasan adalah merupakan kunci utama keberhasilan dengan ikhlas kita akan merasa nyaman dan bersemangat untuk melakukan sesuatu. dalam melakukan pekerjaan jangan selalu diorientasiakan pada kemenangan dan imbalan,"ujar Rismawaldi, S.Pd.


Mengkondisikan tempat kerja sebagai rumah sendiri dan selalu berupaya memperbaiki sarana dan prasarananya yang rusak agar tempat kerja tatap berfungsi dengan baik aman dan nyaman. menambah motivasi dan gairah kerja sehingga kinerja warga sekolah semakin baik.


Pengalaman yang berkesan dan paling pahit saya rasakan adalah diawal masa tugas saya sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo, saat itu saya punya gagasan dan cita-cita agar SMP Negeri 12 Kabupaten Tebo menjadi sekolah Adiwiyata. Berkaitan dengan gagasan saya tersebut saya mengusulkan agar pohon kelapa sawit yang berada didepan pagar sekolah yang sudah tua dan terkesan kurang terurus sehingga tidak memiliki nilai estetika.


Disamping itu pohon kelapa sawit tersebut bertentangan dengan program sekolah adiwiyata karena akar kelapa sawit dapat merusak sumber daya air. Alasan itulah yang mendorong saya untuk mengusulkan agar kelapa sawit tersebut ditebang dan diganti dengan tanaman hias sehingga menjadi taman yang indah. namun diluar dugaan saya tak satupun warga sekolah yang setuju dengan usulan saya tersebut termasuk komite sekolah dengan alasan kerana pohon kelapa sawit tersebut memjadi sumber income bagi sekolah. melakukan pendekatan kepada semua yang terlibat dengan pendekatan sosial yang bersifat persuasif. setelah saya jelaskan dengan konsep yang ada, termasuk harapan manfaat yang akan kita peroleh, akhirnya semua pihak dapat menyetujui dan sekarang terwujudlah sebuah taman yang indah didepan sekolah.


"Saya menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan konsep perencanaan yang jelas termasuk didalamnya upaya alternatif yang dapat dilakukan sekolah untuk menganti sumber pendapatan yang hilang,"ujarnya.


Pesan moral dari prestasi yang diterimanya adalah keberhasilan seorang kepala sekolah merupakan keberhasilan kolektif seluruh warga sekolah. dengan demikian kalau ingin berprestasi yang harus kita pupuk adalah semangat kebersamaan.


Saya bekerja sebagai pengabdian oleh sebab itu saya membuat lingkungan kerja menjadi lebih baik, layak dan menyenangkan. Hasilnya sangat memuaskan karena mereka telah memiliki pemahaman yang sama. saya menginspirasi orang-orang disekitar saya bukan dengan kata-kata tapi dengan mengajak mereka melihat hasil-hasil yang telah dicapai. 


Pesannya terhadap sesama pelaku pendidikan adalah berikan pelayanan yang maksimal kepada peserta didik dan masyarakat. karena pelayanan yang maksimal adalah amal. Pesan untuk generasi muda adalah jangan pernah berhenti belajar dan menimba pengalaman dari orang yang sukses.

Diberdayakan oleh Blogger.