Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - SDN 118/VIII Wirotho Agung yang terletak di Jalan Pahlawan, tepatnya di bersebelahan dengan kantor Kelurahan Wirotho Agung, kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo. Sebuah capaian satuan pendidikan dipengaruhi oleh bagaimana kepemimpinan seorang kepala satuan pendidikan yang kita kenal dengan sebutan 'kepsek'.

Memimjam sebuah ungkapan "Pemimpin sejati bukan orang yang mempunyai banyak pengikut, tapi yang menciptakan paling banyak pemimpin." - Neale Donald Walsch. Ungkapan tersebut bagian dari harapan Dumeri,S.Pd selaku Kepala SDN 118/VIII Wirotho Agung yang menjadi dan memberikan model langsung tentang sebuah kepemimpinan. Sejak dipimpin oleh Bapak Dumeri, S.Pd April tahun 2019. Banyak perubahan Positif di SDN 118/VIII Wirotho Agung  yang sudah terjadi. Tentunya, sebagai seorang Kepala sekolah yang sudah memiliki segudang pengalaman dalam mengelola sekolah yang telah diperolehnya sejak tahun 2009.  Sejak April 2019 beliau kembali mendapat amanah bertugas Sebagai Kepala Sekolah di SDN 118/VIII Wirotho Agung.

Kegiatan Literasi Keagaamaan dan Pojok Baca, Dua Pembiasaan Unggulan di SDN 118/VIII Wirotho Agung.

SDN 118/VIII Wirotho Agung sejak dibawah kepemimpinan Dumeri, S.Pd menerapkan kegiatan pembiasaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, khususnya di dalam keterampilan Literasi. Sebagai penerapannya SDN 118/VIII Wirotho Agung menerapkan kegiatan literasi keagaaman dan Pojok baca.

Dumeri, S.Pd menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut bertujuan menambah wawasan atau ilmu pengetahuan dari membaca, dan meningkatkan budaya baca bagi siswa. Lanjutnya, Kunci keberhasilan dua kegiatan unggulan tersebut adalah pada Peran guru kelas dan seluruh pegawai yang ada disekolah, peran serta semua guru menjadi kunci suksesnya kegiatan tersebut, kepala sekolah sangat mendukung dengan selalu mengikuti kegiatan literasi tersebut. Sebelumnya kegiatan literasi hanya dilakukan satu kali dalam satu minggu. Setelah berjalannya waktu, hal tersebut dirasa kurang mencukupi akan kebutuhan literasi pendidikan bagi siswa.

Kegiatan literasi yang dilakukan di SDN 118/VIII Wirotho Agung dilaksanakan dengan alokasi waktu lima belas menit setiap hari. Sebelum belajar seluruh siswa dikelas masing-masing didampingi oleh guru kelas melakukan kegiatan literasi. Dengan demikian diharapkan kemampuan siswa dalam literasi membaca lebih baik lagi.

Sedangkan hari jum’at seluruh siswa didampingi oleh guru kelas melakukan literasi keagamaan, yaitu membaca yasin yang dipandu oleh guru agama. Dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berliterasi pada bidang keagamaan.

Setelah kegiatan pembiasaan telah berlangsung baik. Dumeri, S.Pd selaku Kepala sekolah SDN 118/VIII Wirotho Agung melakukan terobosan dengan membuat pojok baca di masing-masing kelas, bertujuan agar literasi dapat terus dilakukan baik disela-sela kegiatan belajar.  Pojok baca sebagai media pendukung dalam kegiatan literasi SDN 118/VIII Wirotho Agung mendapat Dukungan dari para guru dan wali murid yang bergotong royong menghias kelas dan menyiapkan Pojok baca. Sehingga Pojok baca sebagai media literasi di SDN 118/VIII Wirotho Agung segera terwujud.

Pojok baca yang dirancang bersama wali murid membuat peserta didik nyaman dalam beraktifitas membaca. Serta, penyediaan buku oleh sekolah sangat membantu dalam melengkapi koleksi buku pada pojok baca di setiap kelasnya. /Tebo Pintar/

Narasumber : Dumeri, S.Pd 

Kontributor : Arif Prasetiyawan, S.Pd

Diberdayakan oleh Blogger.