Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Krisis Pembelajaran telah terjadi di Indonesia, pada masa pandemi Covid-19 yang ada menjadikan pendidikan semakin tertinggal dengan hilangnya pembelajaran (learning loss).Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran yang terjadi Kemendikbudristek resmi meluncurkan Kurikulum Merdeka pada Merdeka Belajar.

 

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan dan interaktif. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat member ruang seluas-luasnya bagi peserta didik dalam berkreasi dan mengembangkan diri.

 

Sebagai usaha pemulihan Pembelajaran pada tahun ajaran baru 2022/2023 satuan pendidikan diberikan kebebasan memilih salah satu dari 3 (tiga) opsi Kurikulum yang dapat dipergunakan sesuai dengan kondisi satuan Pendidikan masing-masing yaitu pertama Kurikulum 2013 secara penuh, ke dua Kurikulum Darurat (K13 yang disederhanakan) dan yang ketiga Kurikulum Merdeka. Bagi Sekolah Penggerak secara otomatis melaksanakan Kurikulum Merdeka sedangkan bagi sekolah yang bukan Sekolah Penggerak untuk menggunakan Kurikulum Merdeka menggunakan jalur Mandiri dengan mendaftarkan satuan Pendidikannya kepada Kemendikbudristek paling lambat tanggal 30 April 2022. Tiga Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur mandiri tersebut adalah :

 

Pilihan 1. Mandiri Belajar

Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.

 

Pilihan 2. Mandiri Berubah

Menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

 

Pilihan 3.Mandiri Berbagi

Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar di satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.


Dalam rangka mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka beberapa Kelompok Kerja Kepala Sekolah dengan Bimbingan dan motivasi pengawas Pembina satuan pendidikan khususnya di SD ada beberpa Kecamatan yang telah melaksanakan sosialisasi secara mandiri dengan mendatangkan pemateri Sugito, S.Pd Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo yang telah mengikuti Pelatihan Nasional tentang IKM.Adapun K3S dan  Korwilcam yang telah melaksanakan Sosialisasi antara lain :


1.   Korwilcam dan K3S Kecamatan Tebo Ulu

2.   Korwilcam dan K3S Kecamatan Rimbo Ilir

3.   Korwilcam dan K3S Wilayah 1 Kec.Rimbo Bujang

4.   Korwilcam dan K3S Kecamatan Serai Serumpun.


Diberdayakan oleh Blogger.