Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Menindaklanjuti Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo No 81 Tahun 2021 tanggal 21 Juni 2021 tentang Kalender Pendidikan Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2021/2022,  yang mana di dalam keputusan tersebut tertuang tentang Penilaian Akhir Semester II dan Pelaksanaan US tahun pelajaran 2021/2022 untuk pengadaan dan penggandaan soal serta pelaporannya diserahkan ke satuan pendidikan.

 

Sehubungan dengan hal tersebut K3S Tebo Ulu menggagas agar diadakan pembinaan Penyusunan Soal HOTS dan perangkat penilaian lainnya untuk persiapan pelaksanaan PAS II dan US tahun 2021/2022 bagi guru agar sekolah SD di kecamatan Tebo Ulu memiliki pandangan yang sama tentang perangkat penilaian untuk PAS II dan US tahun pelajaran 2021/2022. Oleh sebab itu tepatnya pada hari Selasa, 29 Maret 2022 di SDN 028/VIII Pulau Temiang digelar suatu kegiatan bersama KKG, KKGO dengan didampingi K3S  Kecamatan Tebo Ulu, pelaksanaan pembimbingan penyusunan soal Hots dan perangkat penilaian lainnya seperti teknik penyusunan kisi-kisi soal, kartu soal, naskah soal yang memuat HOTS dan pedoman penskoran.


Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua K3S Kecamatan Tebo Ulu (Adi Siswono, S.Pd) menyampaikan bahwa hasil pertemuan ketua K3S se  Kabupaten Tebo di ruang rapat dinas Dikbud Tebo pada tanggal  24 Maret 2022, salah satunya tentang petunjuk pelaksanaan US yang diserahkan ke sekolah. Dilanjutkan sambutan oleh Pengawas, Sularjo, S.Pd menjelaskan tentang Penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam Kurikulum 2013 terdiri dari tiga bentuk penilaian, yaitu : penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

 

Dikesempatan berikutnya Korwilcam Tebo Ulu, Nani Yusepa S.Pd.SD) menyampaikan sambutannya yang mana beliau mengucapakan terima kasih kepada para guru atas antusiasme untuk hadir dalam kegiatan KKG guna mengikuti pembimbingan penyusunan soal Hots untuk persiapan PAS II dan US tahun pelajaran 2021/2022 dan mengajak para guru untuk mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir agar tersusunnya perangkat PAS II dan US sesuai dengan ketentuan.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pengawas, Soeradi, S.Pd tentang persiapan Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan PAS II Tahun ajaran 2021/2022 tetap mengacu pada Kalender Pendidikan Kabupaten Tebo Tahun Pelajaran 2021/2022. Pemaparan materi diawali dengan penjelasan tentang langkah- langkah penyusunan Soal HOTS. Adapun langkah-langkah penyusunan penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS).

(HOTS) yaitu:

(1) menganalisis kompetensi dasar yang akan dibuat dalam penilaian berbasis HOTS,

(2) menyusun kisi-kisi penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah dianalisis,

(3) mengkaitkan dengan permasalahan yang menarik dalam kehidupan sehari-hari,

(4) menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal;

(5) menentukan kunci jawaban.


Kegiatan selanjutnya adalah kerja kelompok dan presentasi oleh salah satu kelompok yang diwakili oleh Mispan S.Pd, guru dari SDN 028/VIII Pulau Temiang) dan Yudesti, S.Pd, guru dari SDN 043/VIII Malako Intan yang dilanjutkan dengan kegiatan diskusi, tanya jawab dan konfirmasi. Seperti biasa diakhiri dengan foto bersama. (Adm)

Diberdayakan oleh Blogger.