Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Kabupaten Tebo Untuk Menuju Perubahan

Muara Tebo, Disdikbud-Pendidikan Guru Penggerak  (PGP ) menyelenggarakan kegiatan lokakarya orientasi  yang bertempat di SMPN 01 kabupaten Tebo. Pertemuan ang berlangsung pada Sabtu, 21 Mei 2022 dihadiri oleh undangan  dengan penuh semangat dan antusias.

Pemateri dan Jajaran Disdikbud Tebo yang hadir saat lokakarya

Tampak hadir pada kesempatan ini Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo  Bapak Triyatna ,S.Pd.M.Si, Kabid  Bapak Ariyanto,S.E .MM, penanggung jawab Pendidikan Guru Penggerak Tebo Bapak Fadjar Nurhidayat dari PPPPTK matematika Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi yang diwakili Ibu Neni Lidya,S.pd.M.Pd,  Koordinator Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan kabupaten Tebo Bapak Jaka Suyana .S.Pd.M.Si beserta berapa pengawas, empat orang  pengajar praktik Pendidikan Guru Penggerak, 25 orang Calon Guru Penggerak (CGP ) Tebo yang didampingi orang  25 orang kepala sekolah CGP.

Sekdis Dikbud Tebo memberikan sambutan dan arahan

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Tebo yang diwakili oleh Sekdis  Dikbud Tebo bapak Triyatna,s.pd ,M.Pd  dalam sambutannya membuka lakakarya orientasi  menuturkan pembenahan terhadap sumber daya guru menjadi perhatian penting saat ini , PGP satu diantaranya . 

PGP  atau program guru penggerak merupakan kegiatan pengembangan  profesi melalui pelatihan  dan pendampingan  yang berfokus pada  kepemimpinan pembelajaran agar mampu  mendorong  tumbuh kembang peserta didik secara holistic aktif dan proaktif dalam mengembangkan  pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,serta menjadi teladan dan agen tranformasi ekosistim   Pendidikan  untuk mewujudkan  profil pelajar Pancasila. Kesempatan yang sama, beliau juga berpesan agar  calon guru penggerak yang dinyatakan lulus seleksi  bisa mengikuti kegiatan Pendidikan Guru penggerak  yang sudah dijadwalkan selama enam bulan ke depan secara maksimal.

Sementara penanggung jawab Pendidikan Guru Penggerak Tebo Bapak Fadjar Nurhidayat dari PPPTK Matematika juga menyampaikan program Pendidikan Guru penggerak selain  memberikan bekal kepemimpinan pembelajaran  juga memberikan bekal  pedagogi kepada calon guru penggerak  sehingga mampu menggerakkan  komunitas belajar , baik di dalam maupun diluar satuan pendidikan  serta berpotensi  menjadi pemimpin Pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagian peserta didik Ketika berada di lingkungan satuan  Pendidikan masing -masing. Harapan dari pemerintah semoga banyak dari guru-guru Indonesia yang tergerak hatinya untuk mendaftar menjadi guru penggerak.

Para Pendidik peserta Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak

Setelah acara pembukaan lokakarya orientasi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan antara pengajar praktek dengan calon guru penggerak .Dalam kegiatan ini dijelaskan hal-hal yang harus dipersiapkan calon guru penggerak untuk menjalani Pendidikan guru penggerak yang akan berlangsung selama enam bulan ke depan.Lokakarya orientasi guru penggerak berakhir pada jam 17.00 wib. /Tebo Pintar/

Kontributor dan Penulis : Murni.S.Pd ( Guru SMPN  01 Tebo/Tim Tebo Pintar )

Diberdayakan oleh Blogger.