Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo Disdikbud - Awal tahun 2022 ini para Guru di Kabupaten Tebo, khususnya Guru ASN, disibukkan dengan adanya perubahan form SKP untuk tahun 2021. Hal ini terjadi disebabkan adanya reformasi manajemen pegawai sehingga saat itu merupakan masa transisi dalam penerapan PP tentang SKP itu sendiri. 

Disdikbud Kabupaten Tebo, dalam hal ini Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Tebo mendapati informasi adanya pendidik di lingkungan Disdikbud Tebo yang belum begitu memahami tentang form SKP terbaru untuk tahun 2021. Peserta yang mengikuti nantinya akan mendapat pemahaman terkait SKP dan memudahkan Pendidik itu sendiri dalam proses kenaikan pangkat khususnya guru yang berstatus ASN. Kegiatan ini berlangsung di aula SMPN 01 Kabupaten Tebo. Rabu, 25 Mei 2022.

Sehingga, Para Guru tersebut terkendala dalam pengurusan kenaikan pangkat dan administrasi lainnya. Selain itu masih juga ditemukan pengurusan DUPAK untuk beberapa tahun sehingga hal ini menyebabkan terjadinya kerancuan administrasi karena PAK untuk beberapa tahun yang berbeda diandatangani pada satu tanggal yang sama.

Seperti yang kita ketahui, di bawah naungan Disdikbud ini ada sebuah komunitas yang di sebut dengan MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran. MGMP adalah forum atau wadah yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan profesionalitas kerja. 

Suyanto dan Asep Djihad menyatakan bahwa MGMP merupakan forum untuk diskusi,saling berbagi informasi dan pengalaman,berkonsultasi, sharing, dan melaksanakan in house training dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan dalam melaksanakan peran fungsinya sebagai pendidik. Dalam rangka optimalisasi peran Komunitas MGMP ini , Bidang GTK memanfaatkan komunitas MGMP sebagai wadah untuk mengadakan kegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

Jalannya Kegiatan Pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Se - Kabupaten Tebo 2022

Kegiatan Pembukaan

Kasi GTK, Bidang Dikdas, Ratih Safitri, S.E, mewakili Disdikbud Tebo dan yang membuka kegiatan ini, dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali dan menambah ilmu tentang cara membuat DUPAK dan SKP untuk kenaikkan pangkat. Sehingga nantinya kesalahan dalam pengajuan dua administrasi penting tersebut bisa diminimalisir. Selain itu dengan dibinanya dua guru dari setiap sekolah, yaitu guru Bahasa Inggris dan Indonesia ini diharapkan bisa saling berkolaborasi untuk membawa pencerahan terkait pembuatan DUPAK dan SKP di sekolahnya masing-masing.

Pemberian Materi dari Korwas Bpk. Drs. Jaka Suyana, M.Si 

Kegiatan ini diadakan di SMP Negeri 1 Kabupaten Tebo dan diikuti oleh perwakilan Guru Bahasa Inggris dan Indonesia se kabupaten Tebo serta difasilitasi oleh Korwas Kabupaten Tebo, Drs. Jaka Suyana, M.Si. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang cara membuat DUPAK dan juga SKP tahun 2021 dan 2022. Tak lupa beliau juga menekankan kepada seluruh Guru agar kedepannya para guru membuat DUPAK setiap tahun agar mempermudah penetapan PAK dan juga membuat sasran SKP di awal tahun secara cascading, yaitu dialog kinerja antara atasan dan bawahan dalam rangka melakukan penyelarasan kinerja.

Peserta Kegiatan

Foto Bersama Peserta dan Pemateri Kegiatan

Harapannya setelah diadakan kegiatan pembinaan ini semoga para guru, khusunya di kabupaten Tebo, bisa mengaplikasikannya sehingga di masa yang akan datang problem yang sama tidak ditemukan kembali. /Tebo Pintar/

Narasumber : Nur Eriyanti, S.Pd (Peserta Kegiatan)


Diberdayakan oleh Blogger.