Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Program PINTAR Tanoto Foundation telah memasuki tahun ke-4 bekerja sama dengan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Batanghari dan tahun ke-3 bekerjasama dengan Kabupaten Tebo dan Sarolangun dalam upaya meningkatkan akses kualitas mutu pendidikan dasar. 

Selama perjalanan program PINTAR, telah banyak praktik baik dan capaian-capaian positif yang dihasilkan berupa peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten mitra. Di sisi lain tentu terdapat kekurangan dan ruang perbaikan yang dapat dilakukan secara bersama-sama. Kelebihan dan kekurangan tersebut tentu harus disampaikan kepada mitra program PINTAR.

Selain peningkatan kualitas program, dipandang perlu untuk dilakukan upaya untuk memastikan keberlanjutan program serta memelihara kepemilikan program berupa penguatan kelembagaan dalam perencanaan, penyebarluasan program PINTAR ke sekolah-sekolah yang belum mendapatkan manfaat dari program PINTAR, dan perencanaan kebijakan pendidikan daerah yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi Bapak Medi Yusva menuturkan bahwa secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah melaporkan perkembangan program kepada pemerintah daerah sebagai bentuk pertanggung jawaban Tanoto Foundation, terbangunnya pemahaman bersama mengenai kondisi pendidikan di setiap kabupaten mitra, dan terencananya penyebarluasan program PINTAR.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam District Stakeholder Meeting tersebut antara lain; pemaparan hasil Midline Survey, EGRA dan EGMA; pemaparan peta perkembangan kabupaten mitra, diskusi kesenjangan hasil evaluasi midline, EGRA dan EGMA, rapor pendidikan dengan peta perkembangan kabupaten mitra, serta pemetaan awal rencana pendampingan SDG’s dalam mempersiapkan perencanaan daerah yang berkelanjutan.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 31 Mei 2022 di ruang rapat Sekda Tebo tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum dan Pemerintahan Kabupaten Tebo, Bapak H. Supadi, Provincial Coordonator Tanoto Foundation Jambi dan staf, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo besera staf, perwakilan Kementrian Agama Kabupaten Tebo, dan perwakilan Fasilitator Daerah Kabupaten Tebo. 

Asisten Administrasi Umum dan Pemerintahan Kabupaten Tebo, Bapak H. Supadi yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan dukungan penuh pemerintah Kabupaten Tebo kepada Tanoto Foundation untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tebo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Bapak Sindi, S.H,. M.H menyampaikan Rapor Pendidikan Kabupaten Tebo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Bapak Sindi, S.H,. M.H pada kegiatan tersebut berkesempatan memaparkan hasil rapor pendidikan di Kabupaten Tebo. Di sela-sela pemaparannya, Bapak Sindi, S.H., M.H menuturkan bahwa dengan keluarnya Peraturan Bupati nomor 22 tahun 2022 tentang pedoman pelaksanaan gerakan literasi di Kabupaten Tebo mampu memperbaiki kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Tebo. “Tanpa dukungan pihak lain, peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tebo tidak dapat berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Foto bersama peserta kegiatan District Stakeholder Meeting

Adapun rencana tindak lanjut yang diperoleh dari pertemuan ini yaitu pemerintah Kabupaten Tebo memiliki gambaran rencana perbaikan mutu pendidikan untuk mengisi kesenjangan hasil evaluasi midline, EGRA dan EGMA yang akan ditempuh ke depannya serta terbangunnya rencana penyebarluasan program PINTAR di luar sekolah mitra di Kabupaten Tebo. /Tebo Pintar/

Diberdayakan oleh Blogger.