Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

SDN 147/VIII Bogo Rejo, Tebo Tengah Gelar In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka

Muara Tebo, Disdikbud - Bertempat di Salah Satu Sekolah Penggerak yaitu SD Negeri 147/VIII Bogo Rejo Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo Propinsi Jambi. Jumat, 24 Juni 2022 di gelar In House Training yang berlangsung hari ini sampai dengan 01 juli 2022.

Ibu A. Sri Kurnia Rahayuningsih, S.Pd., S.D selaku Kepala sekolah SDN 147/VIII Bogo rejo berharap guru yang mengikuti sebanyak 12 orang guru kelas dan 2 orang guru PAI dan 2 orang Guru PJOK akan memahami dan mampu mengimplementasikan apa itu Kurikulum Merdeka. Pemateri Untuk Kegiatan ini merupakan TIM Pengawas Disdikbud Kabupaten Tebo.

Mengenal Poin Penting Kurikulum Merdeka

Kemendikbud-ristek berharap dengan Kurikulum Merdeka nantinya mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui kebijakan yang menguatkan peran seluruh guru/insan pendidikan. Adapun Kebijakan kurikulum merdeka ini diimplementasikan melalui empat poin penting perbaikan; (1)perbaikan pada infrastruktur dan teknologi,(2)perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. (3) perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. (4), melakukan perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen. 

Sedangkan Merdeka Belajar dibagi dalam beberapa tahapan/episode. Dimulai dari episode pertama, yaitu menghadirkan empat pokok kebijakan agar paradigma tentang cara lama dalam belajar dan mengajar dapat diubah menuju kemajuan. Beberapa wujud dari empat pokok kebijakan itu adalah penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional. Kemudian, ada juga kebijakan penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang lebih fleksibel.

Tujuan IHT In House Training di SDN 147/VIII Bogorejo, Tebo Tengah Kabupaten Tebo

Dengan dilaksanakannya In House Trining ( IHT ) Implementasi Kurikulum Merdeka, agar Guru di Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat melaksanakan pembelajaran Merdeka Mengajar, wajib untuk Kelas I & IV dan boleh juga untuk kelas II, III, V & VI secara berangsur dan bertahap. Untuk mewujudkan Pendidikan terbaik bagi semua siswa. Hal itu akan terwujud dengan adanya Guru Hebat, Guru aktif dan Kreatif, yg akan menjadikan Siswa Hebat, aktif dan kreatif.


Dokumentasi Kegiatan In House Training SDN 147/VIII Bogo Rejo Tebo Tengah

Kepala Sekolah SDN 147/VIII Bogorejo, Tebo Tengah, Kabupaten Tebo  Mengucapkan terima kasih atas dukungan dan motivasi dari semua pihak terutama Disdikbud Tebo dan pihak lainnya. Ia Juga berharap dan meyakini Satuan pendidikan yang dipimpinnya mampu mengimlementasikan kurikulum merdeka dan Mampu menjadi Sekolah Penggerak di Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Tebo. Tutupnya /Tebo Pintar/

Narasumber : Ibu A. Sri Kurnia Rahayuningsih, S.Pd., S.D Kepala SDN 147 / VIII Bogorejo, Tebo Tengah

Diberdayakan oleh Blogger.