Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud - Momen Libur di Kalender Pendidikan menjadi hal yang di nanti dan ditunggu bagi semua warga sekolah. Namun, Libur pada kalender pendidikan tidak menjadikan seorang pendidik untuk banyak berleha-leha. Tantangan dalam dunia pendidikan terus hadir untuk dijalani. Kata libur bagi sebagian pendidik menjadi hal yang biasa dan bukan menjadi hal yang dinanti. Apalagi, Pendidik yang mengemban tugas sebagai seorang 'Kepala Sekolah' banyak pekerjaan rumah yang harus terus diselesaikan satu persatu agar Proses pembelajaran pada satuan pendidikan nya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan Visi dan Misi Satuan Pendidikan itu Sendiri.

Seperti kita ketahui bahwa Kepala Sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin/memanajemen suatu sekolah. Untuk itu, Seorang Kepala sekolah harus bisa punya dan menjadi seorang yang memiliki Kemampuan kepemimpinan yang Efektif. Sesuai dengan yang di sampaikan Nurkolis (2003: 162) mengajukan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, yaitu; (1) dapat beradaptasi dengan situasi, (2) peka terhadap lingkungan sosial, (3) ambisius serta berorientasi pada hasil, (4) tegas, (5) dapat bekerjasama dengan orang lain, (6) meyakinkan (7) mandiri, (8) mampu mempengaruhi orang lain, (9) energik, (10) tekun, (11) percaya diri,  (12) tahan stres dan (13) memiliki tanggung jawab.

Berdasarkan hal di atas, Salah satunya kami bagikan tentang bapak Suko, S.Pd yang saat ini merupakan Kepala SDN 156/VIII Sukamaju, Kec. Rimbo ulu, Kab. Tebo.

Foto Suko, S.Pd dan Pendidik Di SDN 156/VIII Sukamaju, Kec. Rimbo Ulu, Tebo

Suko, S.Pd Terapkan Model Kepemimpinan Efektif Bangun Sekolah

Suko, S.Pd, Pria kelahiran 24 Oktober 1965 di tengah usianya yang mulai memasuki masa pensiun sebagai ASN di Kabupaten Tebo tetap Optimis dan punya semangat yang Tinggi. Suko, S.Pd Kurang lebih 3 Tahun mengemban Amanah sebagai Kepala Sekolah SDN 156/VIII Sukamaju, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo. Selama 3 Tahun ia bertugas di SDN.156/VIII Sukamaju dalam memimpin rekan rekan guru. 

Suko, S.Pd menuturkan "Saya menggunakan metodha Pendekatan Keluarga, dimana yang lebih Tua dari saya, kami anggap sebagai kakak, yang sebaya sebagai teman dan yang lebih muda saya anggap sebagai adik atau anak supaya dalam memberikan pengertian atau memberikan arahan menyambung dan lebih akrab".

Pengalaman membuat Suko, S.Pd semakin cakap dan terampil dalam menjadi seorang kepala sekolah seperti ia menuturkan tentang Sukaduka yang  dialami dalam pembangunan sekolah adalah; bertepatan saya ditugaskan pada SDN.156/VIII Suka maju pada Tahun 2019 bersamaan dengan  itu sekolah mendapatkan rehab berat dengan menggunakan dan DAK  Tahun 2019. Namun, tantangan tersebut ia hadapai dengan optimis, karena sebelum bertugas di SD 156/VIII Sukamaju. Suko, S.Pd pernah mendapatkan pengalaman serupa pada SDN 001/VIII Sungai Pandan , SDN,190/VIII Perintis. 

Kepemimpinan Seorang Kepala Sekolah dapat juga terlihat dari bagaimana memaksimalkan Dana dari Pemerintah untuk diterapkan sebaik baiknya pada SDN 156/VIII Sukamaju. Selain itu, Seorang Kepala sekolah juga harus memmpu menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada. Seperti Suko,S.Pd menyampaikan bahwa SDN 156/VIII Sukamaju tidak memiliki Penjaga Sekolah/Petugas kebersihan,  untuk mengatasi kebersihan dan kerapian. Ia  bekerjasama dengan guru guru yang ada dan para peserta didik mengelola kebersihan lingkungan sekolah.

Poin-Poin di atas sebagai bekal dan cara Bapak Suko, S.Pd mewujudkan bangunan disekolah dengan terus membangun komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten, Komite sekolah dan para pendidik yang berada disekolah. "Alhamdullilah, sekolah kami baru mendapatkan rehab tahun 2019, sementara bangunan SD kami dibuat pada Tahun 1982. Sekolah kami akan kami wujudkan sebagai sekolah yang menyenangkan,rapi, bersih,hijau,aman serta nyaman untuk ditempati". Cerita Suko,S.Pd Kepada Tebo Pintar.

Tampak Depan SDN 156/VIII Sukamaju, Rimbo Ulu

Harapan dan Tujuan Pembangunan SDN 156/VIII Sukamaju, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo

Suko, S.Pd menyampaikan kepada kami Tebo pintar bahwa Tujuan Pembangunan yang dilakukan yaitu bertujuan Sekolah sebagai tempat Pertemuan Guru, siswa wali murid untuk bersama sama memberikan bekal kepada anak didik baik pengetahuan, sikap dan mental serta dijadikan tempat (rumah) kedua sehingga menyenangkan tidak membosankan.

Melalui kerjasama dengan Pendidik, Warga Sekolah, dan komite sekolah.  SDN 156/ VIII Sukamaju dibuat tempat santai/istirahat Guru dan anak yaitu membuat Gazebo mini disetiap pojok bangunan untuk tempat membaca dan istirahat anak. Dengan tujuan agar peserta didik terhindar dari Bully antar sesama siswa dikarenakan mudah dalam pemantauan.

Suko, S.Pd melanjutkan cerita tentang ide nya dengan mulai membikin taman agar disekolah  nuansa  taman disamping sebagai wahana hiburan tempat rekreasi dan kami kerjakan sendiri dibantu pendanaan dari komite, karena sekolah kami sekolah kecil dengan jumlah murid sebanyak 86 anak sedangkan Tenaga Honor sebanyak  5 Orang.

Salah Satu Spot Gazebo di SDN 156/VIII Sukamaju, Kec. Rimbo Ulu, Kab. Tebo

Selain tujuan di atas Bapak Suko, S.Pd melanjutkan ceritanya tentang Harapan ia, Guru, warga sekolah dan komite bersama-sama dapat menjadikan SDN 156/VIII Sukamaju, Kecamatan rimbo Ulu, Kabupaten Tebo Sebagai :

a. Tempat yang menyenangkan

b. Tempat yang Sejuk,Indah,Rapi,Nyaman dan Aman

c. Sebagai Lembaga Pendidikan yang tidak membosankan

d. Menciptakan Green school  (Sekolah Hijau)

Untuk mewujudkan  harapan diatas SDN 156/VIII Sukamaju masih sangat membutuhkan kesungguhan uluran tangan serta pemikiran yang Ikhlas dari semua Pihak. 

Semoga Program yang kami rancang mendapat perhatian berupa Bantuan dari Pemerintah Daerah, Maupun Pemerintah Pusat. Serta peran serta Komite Sekolah antara lain : 

1. Pagar Sekolah supaya terciptanya Keamanan dari berbagai kemungkinan yang terjadi

2. Perbaikan WC Murid yang sudah usang dimakan Usia serta untuk menciptakan kebersihan dari peserta didik sehingga tercipta kesehatan bersama

3. Belum memiliki Ruang computer, kebetulan SD kami menerima bantuan laptop pada Tahun 2020 sebanyak 28 unit sementara kami tempatkan dibekas Rumah Kepala Sekolah hanya muat  sebanyak 18 unit  sementara yang lain masih diruang kantor/ruang guru dan kepala sekolah untuk menunjang pelaksanaan ANBK kami sangat membutuhkan sarana gedung tersebut.

Suko, S.Pd juga meyakini amanah dan tugasnya sebagai kepala sekolah di SDN 156/Sukamaju, Rimbo Ulu dapat diselesaikan dengan sebaiknya dan apa yang telah ia perbuat dapat dirasakan manfaatnya dan dilanjutkan secara estafet pada Kepemimpinan selanjutnya./Tebo Pintar/

Narasumber : Suko, S.Pd Kepala SDN 156/VIII Sukamaju, Rimbo Ulu, Tebo

Referensi Bacaan

Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Grasindo: Jakarta.


Diberdayakan oleh Blogger.