Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud - SD Negeri 108/VIII Sari Mulya yang berada di wilayah Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo menjadi salah satu sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 tahun 2022, di mana program ini merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang berpusat pada peserta didik mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan sumber daya manusia yang unggul baik kepala sekolah, guru maupun Tendiknya.

 

Oleh karena itu, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat menunjang suksesnya Program Sekolah Penggerak telah dilakukan Pelatihan Komite Pembelajaran (PKP) yang terdiri dari pengawas pembina, kepala sekolah dan guru Kelas 1 dan 4 yang akan melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka di tahun Pelajaran 2022/2023.Guna untuk mengimbaskan Pengetahuan dari hasil PKP maka pada Sekolah Penggerak terdapat program  In House Training  kepada seluruh Pendidik dan Kependidikan di SDN 108/VIII Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir yang berlangsung dari tanggal 2 sampai 9 Juli 2022.


Kepala SDN 108/VIII Sari Mulya Sularto S.Pd dalam sambutan pada acara pembukaannya pada tanggal 02 Juli 2022 menyampaikan rasa bangga dengan lolosnya SDN 108/VIII Sari Mulya  sebagai salah satu Sekolah Penggerak Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo. Beliau menambahkan dengan terpilihnya sebagai Sekolah Penggerak, maka nantinya SDN 108/VIII Sari Mulya akan menjadi “penggerak” untuk sekolah lainnya dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar, oleh karena itu sekolah terus meningkatkan kualitas SDM demi mendukung tercapainya tujuan sebagai sekolah penggerak

 

Kegiatan di buka oleh Sugito,S.Pd yang merupakan Pengawas Sekolah Penggerak SDN 108/VIII Sari Mulya sekaligus pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan In House Training (IHT) ini sangat penting untuk mengubah mindset seluruh guru agar memahami Program Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila dan implikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing. Di samping itu, guru harus mampu memahami,  menganalisis,  dan  menyusun  kerangka  kurikulum operasional  di  satuan  pendidikan  antara  lain,  visi,  misi,  tujuan  satuan pendidikan,  menurunkan  capaian  pembelajaran  (CP)  menjadi  tujuan pembelajaran  (TP)  dan  alur  tujuan  pembelajaran  (ATP),  menyusun perangkat  ajar  (modul  ajar,  dan  perangkat  lainnya),  serta pengorganisasian pembelajaran.


“Guru juga harus  memahami  perencanaan  projek  penguatan  profil  pelajar  Pancasila  dan memodifikasi Modul Ajar dan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, mengetahui  kegunaan  dan  fitur-fitur yang ada dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)”, ungkap Sugito,S.Pd mengakhiri sambutannya. (Adm)

Diberdayakan oleh Blogger.