Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo -   (Hari Jumat, 08 Juli 2022) Bertempat di Aula SMPN 1 Kabupaten Tebo di adakan assesmen diagnostik pada siswa-siswi Baru 2022-2023. Pengertian Assesmen Diagnostik adalah penilaian yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan peserta didik dalam menguasai materi atau kompetensi tertentu serta penyebabnya.  

Kegiatan Assesmen Diagnostik yang dilakukan SMPN 01 Kabupaten Tebo sebagai upaya sekolah  untuk memperoleh informasi  tentang kondisi calon siswa baik dari aspek kognitif maupun  non kognitif  terkait dengan kesiapan untuk menerima pelajaran.

Latar belakang kegiatan assesmen diagnosis  ini dilakukan karena 2 tahun terakhir ini  pembelajaran tatap muka sudah berubah menjadi pembelajaran jarak jauh, yang banyak kendala dan halangan yang membuat proses pembelajaran tidak sebagai mana mestinya. Kondisi ini otomatis berdampak pada kemampuan yang diperoleh anak selama pembelajaran daring. Maka penting bagi guru sebelum memulai  pembelajaran  pada tingkat lebih lanjut untuk menganalisa  latar belakang kemampuan atau kompetensi prasyarat yang sudah dikuasai siswa baru. 


Dokumentasi Siswa-Siswi Baru SMPN 01 Tebo Mengikuti Assesmen Diagnostik

Pada dasarnya assesmen ini  dilakukan secara berkala. Akan tetapi di awal pembelajaran perlu untuk dilakukan karena guru akan mengetahui  pencapaian kognitif siswa baru pada masa daring  akan memudahkan  guru  menyusun perencanaan pembelajaran  yang efektif dan akomodatif  terhadap keberagaman. 

Sebaliknya jika guru menyusun rencana pembelajaran tanpa mempertimbangkan  hal -hal yang disebutkan di atas , maka hasil belajar yang baik sukar didapat. Capaian kompetensi siswa secara umum akan menurun  dan pada gilirannya  berpengaruh pula dalam kehidupan nyata mereka .

Secara garis besar Assesmen Diagnostik Kognitif  yang diikuti oleh seluruh siswa baru  SMPN 01 kabupaten Tebo  dirancang sedemikian rupa dengan memuat instrumen  dan butir soal prasyarat setiap  mata pelajaran untuk mengukur capaian kompetensi siswa. Hasil yang diperoleh dari Assesmen Diangnosis kognitif akan diinformasikan ke pada setiap guru mata pelajaran. Agar hal ini menjadi pertimbangan untuk merancang pembelajaran pada tingkat lanjut.

Kontributor : Tim Tebo Pintar


Diberdayakan oleh Blogger.