Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud - Bertempat di TK Negeri Sari Mulya, Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo. Disdikbud Kabupaten Tebo Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Forum Komunikasi PAUD - SD Kabupaten Tebo Tahun 2022. (Rabu, 06/07/2022).

Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Forum Komunikasi PAUD Dan SD Kabupaten Tebo Tahun 2022 Di buka langsung oleh Sekdis Dikbud Tebo Bapak Triyatna, S.pd., M.Si. Turut hadir juga, Korwas Kabupaten Tebo Bpk. Drs. Jaka Suyana, M.Si, Kasi GTK Bpk. Supri Darsono, S.Pd., M.Si dan Kasi Kelembagaan dan Sapras Bpk Yunisri, S.Pd.

Kegiatan ini di ikuti oleh Ketua Himpaudi Tebo, Ketua IGTK Kabupaten Tebo, KKKS, dan Perwakilan dari; Pengawas SD, Penilik PAUD, Kepala Sekolah SD, Guru SD, Kepala TK, Kepala PAUD, Guru TK dan Guru Paud dengan Jumlah peserta sebanyak 35 Orang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari atau Dalam rangka pemberian layanan PAUD yang berkualitas baik secara holistik, simultan, sistematis, dan terintegrasi, diperlukan kolaborasi semua pemangku kepentingan di bidang PAUD dan SD. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembentukan Forum Komunikasi di daerah dalam hal ini ditingkat kabupaten/kota yang dapat mempertemukan dan mewadahi kepentingan semua pihak yang terlibat.

Jalannya Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Forum Komunikasi PAUD Dan SD Kabupaten Tebo Tahun 2022. 

Setelah kegiatan pembukaan dilangsungkan, Bapak Triyatna, S.Pd., M.Pd selanjutnya memberikan informasi dan arahan terkait kegiatan sosialisasi ini. Informasi yang disampaikan Bpk. Triyatna, S.Pd., M.Si diantaranya Sebagai berikut :

Sekdis Dikbud Tebo Bpk. Triyatna, S.Pd.,M.Pd Memberikan informasi terkait Forum Komunikasi Dan SD Kabupaten Tebo 2022

- Forum Komunikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran, khususnya mengenai konsep pendidikan anak usia dini yang holistik dan integratif dan praktik pembelajaran yang sesuai, yang berujung pada keselarasan praktik pembelajaran di PAUD dan SD.

- Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

- Tujuan Pendidikan anak usia dini adalah membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. 

Selanjutnya Pendidikan pada PAUD - SD harus memperhatikan Kesiapan sekolah yang perlu memperhatikan dari segi tenaga pendidik dan kependidikan, sarana prasarana, dan program kegiatan.

Pada Segi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, sebuah sekolah harus memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, guru yang berkomitmen, guru yang menguasai materi dan guru yang mengenali karakteristik anak. kelima sifat guru tersebut  menjadi sebuah hal yang  wajib untuk dimiliki sehingga dapat membantu kesiapan transisi anak PAUD ke SD.

Peserta Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Forum Komunikasi PAUD Dan SD Kabupaten Tebo Tahun 2022

Melalui Forum ini juga keadaan sarana dan prasarana satuan pendidikan menjadi sebuah hal yang bisa menjadi pembelajaran bagaimana satuan pendidikan PAUD - SD yang sudah baik dalam hal sarana dan prasarana menjadi model bagi satuan pendidikan lainnya baik dari perencanaan sampai menjadi sebuah program yang terealisasi.

Sedangkan pada program kegiatan  berkualitas, menarik, menggunakan kurikulum sesuai konteks budaya lokal, relevan dengan minat, usia, kebutuhan dan kemampuan unik dalam meningkatkan perkembangan anak. Sekolah dan guru perlu mendalami konsep dasar dalam mengembangkan kurikulum hingga perancangan kegiatan belajar sehari-hari yang tepat untuk anak usia dini. Hal ini juga terkait dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pengembangan perkembangan anak di jenjang sekolah selanjutnya.

Sebagai Penutup, poin penting yang disampaikan oleh Bapak Triyatna, S.Pd., M.Si adalah Forum Komunikasi PAUD-SD sebagai wadah untuk berbagi informasi dan berkoordinasi antara perangkat sekolah di PAUD-SD di bawah koordinasi dinas pendidikan tentang bagaimana menciptakan transisi yang baik dari PAUD ke SD, serta untuk menyelaraskan praktik-praktik pembelajaran di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya. /Adm/


Diberdayakan oleh Blogger.