Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi


Muara Tebo, Disdikbud Tebo - Setelah Dibuka langsung oleh Plt Kadis Dikbud Tebo, Bapak Triyatna, S.Pd., M.Si., Dan Kabid Dikdas Ariyanto, S.E., M.M kegiatan Diseminasi Program Pintar berlangsung dengan pemberian materi kepada Guru Mapel Bidang Studi Bahasa Indonesia dan Matematika.

Sebanyak 50 orang guru dan terbagi dua kelompok berdasar kan Mapel. Guru-guru yang mengikuti kegiatan Diseminasi Program Pintar Tanoto Foundation antusias selama kegiatan berlangsung.

Dicky Eka Putra, S.Pd., M.Pd memberikan materi.

Rangkaian Materi Selama Dua Hari Kegiatan Diseminasi.

Kegiatan Pelatihan oleh Disdikbud Tebo bersama dengan Tanoto Foundation ini akan berlangsung Selama 3 hari bertempat di Aula SMPN 01 Tebo. Guru Mapel Bahasa Indonesia dan Matematika menjadi peserta kegiatan ini.

Setelah acara pembukaan, Fasilitator Daerah langsung memberikan materi kepada peserta. Dimulai dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang disampaikan oleh Suyoto, S.Pd., M.Pd dan Metty Hartina, M.Pd, Fasda Batanghari.

Nur Eriyanti, S.Pd., Gr

Hepi Kurniati, S.Pd

Selain itu Materi Hari Pertama pada senin, 29 Agustus 2022 mengenai pembelajaran aktif dan memperkenalkan tentang unsur-unsur pembelajaran aktif yaitu; Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Dan Refleksi disingkat menjadi MIKiR yang merupakan bagian dari Program Pintar Tanoto Foundation.

Marlinda, S.Pd Mendampingi pembuatan skenario pmebelajaran

Selanjutnya, Kegiatan pada hari ke-2 Selasa 30 Agustus 2022 Pemateri yang merupakan guru-guru dan Fasda di Kabupaten Tebo melanjutkan materi denga pemaparan seperti berikut ini; Bpk. Dicky Eka Putra, S.Pd., M.Pd dan Ibu Hepi Kurniati memberikan materi kepada peserta berupa mengembangkan pertanyaan pada Lembar Kerja.

Nur eriyanti, S.Pd., Gr dan Marlinda, S.Pd menyampaikan materi mengembangkan Budaya Baca/Literasi. 

Sedangkan untuk Materi Praktik Mengajar Semua Guru yang merupakan Fasilitator daerah menyampaikan secara bersama-sama dan bergiliran. Sehingga, Peserta yang mengikuti dapat Interaktif selama kegiatan pelatihan Diseminasi Program Pintar Tanoto Foundation.

Sebagai catatan pada kegiatan hari ini, Ada momen menarik tentang Budaya Membaca dan dilakukan dengan bentuk membaca senyap. Salah satu peserta kegiatan ibu devi menyampaikan pendapat dari kegiatan membaca senyap yang kami lakukan. Kegiatan membaca lebih berfokus terhadap apa yang dibaca. Sehingga, intisari bacaan bisa dipahami dengan lebif cepat dan efektif.

Pola pengajaran seperti yang disampaikan Fasda dan diterapkan oleh peserta kegiatan bisa menjadi salah satu cara percepatan pelaksanaan Perbup tentang Literasi yang kini digalakkan Kabupaten Tebo.

Kegiatan Hari kedua diseminasi guru mapel Bahasa Indonesia dan Matematika ini ditutup dengan peserta membuat skenario pembelajaran yang natinya bisa diterapkan di satuan pendidikannya masing-masing. /Tebo Pintar/



Diberdayakan oleh Blogger.