Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 01 Kabupaten Tebo

Muara Tebo, Disdikbud - Bertempat  di Aula SMPN 01, Sabtu 17 September 2022 Kabupaten Tebo di laksanakan kegiatan Sosialisasi Implementasi  Kurikulum Merdeka dalam rangka memberi penguatan  kepada guru -guru SMPN 01 kabupaten Tebo mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala SMPN 01 kabupaten Tebo Ibu Amelia Nova , S.Pd. Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka  dihadiri  juga oleh Pengawas Diknas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Tebo. Bapak Drs. Jaka Suyana , M.Si dan Ibu  Arumsari  Anastasia,S.Pd, M.Si selaku  Narasumber kegiatan ini.

Kegiatan sosialisasi implementasi kurukulum merdeka  mengenai P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar  Pancasila) Bapak Jaka Suyana, M.Si pada kegiatan ini menjelaskan  projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa  yang ingin dihasilkan oleh sistem Pendidikan.

Selain itu, Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pribadi peserta didik berdasarkan dimensi nilai-nilai Pancasila atau yang disebut profil pelajar Pancasila. Kegiatan projek ini dilakukan selama satu tahun pelajaran artinya  rapor murid P5  baru bisa dibuat  setelah pelaksanaan  kegiatan P5 selama satu tahun pelajaran. 

Dalam pelaksanaan P5  untuk tingkatan SMP memilih minimal 3 tema dengan memperhatikan faktor internal  atau faktor eksternal. 

Peserta Kegiatan Mendengar Penjelasan dari Bapak Drs. Jaka Suyana, M.Si

Menurut bapak Drs. Jaka Suyana, M.Si kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila )  di SMPN 01 Kabupaten Tebo sudah dianggap baik, karena sudah mampu menyusun modul ajar  untuk tema kewirausahaan dan kearifan lokal, akan tetapi perlu penguatan dalam kegiatan aktualisasi dilapangan. 

Dengan penguatan yang diberikan oleh bapak Drs. Jaka Suyana ,M.Si selaku narasumber dan pengawas binaan SMPN 01 Kabupaten Tebo.   Pemahaman dan pengetahuan tentang P5 yang selama ini masih kurang dalam pelaksanaannya, semakin jelas dengan adanya kegiatan sosialisasi ini. 

Selain itu  Pada kesempatan ini Ibu Arumsari Anastasia ,S.Pd ,M.Si juga memberikan bekal tentang apa dan bagaimana pelaksanaan Assesmen dikurikulum merdeka. 

Assesmen  adalah proses yang dilakukan pendidik  dengan mengumpulkan  dan mengolah informasi untuk  mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan  dan pencapaian hasil belajar  peserta didik, yang akan digunakan dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. 

Bentuk assesmen dalam kurikulum merdeka  adalah assesmen formatif dan assesmen sumatif.Penjelasan tentang assesmen dalam kurikulum merdeka mendapat tanggapan yang antusias oleh guru -guru SMPN 01 Kabupaten Tebo. 

Pada kesempatan akhir bapak Drs. Jaka Suyana, M.Si tidak lupa mengajak seluruh guru - guru SMPN 01 Kabupaten Tebo untuk menyelesaikan kegiatan di platform merdeka, karena pada platform ini disediakan berbagai pelatihan, video inspirasi dan bahan ajar, buku paket dan materi -materi yang menyangkut implementasi kurikulum merdeka. (Tebo Pintar)

Kontributor : Murni, S.Pd (Tim Tebo Pintar)


Diberdayakan oleh Blogger.