Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud – Pada hari Rabu, 27 Oktober 2022 telah diadakan kegiatan Pra Manasik Haji anak-anak PAUD Tingkat Kabupaten Tebo tahun 2022 yang bertempat di Lapangan Ex Arena MTQ (depan kantor Bupati Tebo, Kompleks Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung) yang dibuka oleh Asisten III Setda Tebo, Bapak Drs. H. M. Isa MY.

 

Kegiatan tersebut bagian upaya meningkatkan syiar Agama Islam sekaligus membentuk generasi penerus yang shaleh-shalehah sejak usia dini. Ibadah haji merupakan kewajiban umat muslim apabila ia mampu dari segi fisik dan biaya. Ibadah haji wajib bagi orang yang mampu karena perjalanan ke Tanah Suci membutuhkan banyak persiapan yang memerlukan biaya banyak serta membutuhkan kesiapan fisik serta kesiapan batin bagi yang akan menjalaninya, nilai-nilai inilah yang dikenalkan kepada seluruh peserta anak-anak usia dini.

 

Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini, merupakan salah satu upaya dasar dalam rangka pembelajaran Rukun Islam yang  ke-5 yaitu menunaikan Haji bagi yang mampu. Kegiatan ini akan sangat diharapkan dapat memberikan dampak psikologis yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak mulai usia dini.


Hal tersebut sangat penting, di mana pendidikan anak usia dini adalah pendidikan pada masa usia keemasan yang merupakan pendidikan fundamental, artinya memberikan penanaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia pada usia dini.

 

Hadir dalam acara tersebut, dari Forkompinda, OPD terkait, Kabid/Kasi, Camat beserta  Bunda PAUD kecamatan dan Penilik PAUD. Dalam sambutan Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Bapak Sindi, S.H., M.H menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pra Manasik Haji anak-anak PAUD Tingkat Kabupaten Tebo tahun 2022 sebanyak 5.000 anak dari seluruh satuan PAUD dalam Kabupaten Tebo yang didampingi oleh guru pembimbing serta orang tua. (Adm)

Diberdayakan oleh Blogger.