Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Kegiatan Bimtek Teknis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Tingkat SMP Tebo 2022

Muara Tebo, Disdikbud – Hari ini Selasa, 7 November 2022 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo melakukan Bimbingan Teknis Supervisi Akademik Kepala Sekolah jenjang SMP. 

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Supervisi akademik dilakukan bertujuan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.

Kadis Dikbud Tebo DR. Sindi, S.H,. M.H Membuka kegiatan dan memberi arahan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1 Tahun 2007 disyaratkan lima kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Lima kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang kepala sekolah yaitu: kompetensi kepribadian, koptensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial.

Simbolisasi Peserta Kegiatan Bimtek Teknis Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMP Tahun 2022

Dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang kompetensi kepala sekolah, dimensi supervisi terdiri atas tiga kompetensi, yaitu (1) merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru; (2) melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat; dan (3) menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. 

Bimbingan Teknis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Jenjang SMP ini dilakukan dengan pola In On In. Pada kegiatan In pertama seluruh peserta dibekali dengan teori-teori tentang pelaksanaan supervisi akademik. Pada kegiatan On, peserta akan menerapkan materi yang didapat di sekolah masing-masing. Peserta diminta menyusun program, melaksanakan kegiatan di sekolah, dan membuat laporan. 

Pada kegiatan In ke dua, peserta diminta untuk mempresentasikan kegiatannnya. Tampak yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini Koordinator Pengawas Kabupaten Tebo, Bapak Drs. Jaka Suyana, M.Si, Ibu Ina Nurpiah, S.Pd., M.Pd., dan Ibu Arum Sari Anantasia, S.Pd., M.Si. Sementara peserta yang hadir sebanyak 50 orang kepala sekolah tingkat SMP di Kabupaten Tebo.


Foto Bersama Dikbud Tebo bersama peserta Kegiatan Bimtek

Simulasi Kepala Sekolah melakukan supervisi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, DR. Sindi, S.H,. M.H berharap dengan adanya bimtek ini kepala sekolah bisa melaksanakan supervisi di sekolah masing-masing sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Tebo bisa sesuai dengan yang diharapkan.(adm)



Diberdayakan oleh Blogger.