Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

PJ Bupati Tebo Aspan ST Bersama Istri saat membuka Kegiatan di SMPN 01 Tebo

Muara Tebo, Disdikbud - Sabtu tanggal 19 November 2022 di lapangan SMPN 1 Kabupaten  Tebo  sebuah program yang berdampak pada murid yang dinamai  POSKO SPENSA TEBO atau Pekan Olah Raga dan Seni Komunitas SMPN 1 Kabupaten  Tebo  di gelar.

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri langsung  oleh Pj .Bupati Tebo Bapak H.Aspan, ST beserta rombongan dan disambut Antusias guru-guru SMPN 1 Kabupaten Tebo dan semua murid dari kelas 7 sampai kelas 9.

Rombongan Pj Bupati Tebo saat hadiri kegiatan di SMPN 01 Tebo

Kegiatan Posko Spensa Tebo ini semakin istimewa karena dibuka  secara resmi oleh  Pj Bupati Tebo Bapak Aspan, ST  beserta istri, yang didampingi oleh Ibu Amelia Nova, S.Pd selaku kepala sekolah SMPN 1 kabupaten Tebo dan bapak Zulfikar ,S.Pd  selaku ketua panitia kegiatan Posko Spensa Tebo.

Dalam sambutannya Pj Bupati   Tebo Bapak H. Aspan,ST  mengatakan bahwa kegiatan ini   merupakan sesuatu yang bagus untuk dilakukan karena dengan  adanya kegiatan ini maka  akan mengali potensi yang ada pada diri murid untuk terus berkembang secara optimal. 

Selain itu,  kegiatan ini menurut Pj Bupati Tebo sebagai kegiatan memberikan dampak yang nyata pada murid. Diakhir sambutannya   beliau melakukan kegiatan pengguntingan pita  sebagai simbol secara resmi kegiatan Posko Spensa  Tebo dimulai.

Posko Spensa  Tebo merupakan kegiatan atau program yang berdampak pada murid yang merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh komunitas SMPN 1 Kabupaten Tebo dalam  rangka  menyambut hari guru  Nasional yang ke 77. Rangkaian kegiatan  yang dimulai tanggal 19 November 2022  akan berakhir  pada  tanggal  26 November 2022 sebagai puncak kegiatan. 

Dalam Posko Spensa Tebo ini digelar kegiatan Olah raga dan seni yang meliputi Futsal, volly, tarik tambang sementara kesenian meliputi tari kreasi, dance dan fashion show yang dilakukan secara meraton tanpa mengangu proses pembelajaran. kegiatan Posko Spensa   Tebo ini lahir dari suara , gagasan , ide yang disampaikan oleh murid  melalui perwakilan yang ada di OSIS, dimana mereka menyampaikan beberapa pilihan lomba untuk kegiatan selama Posko Spensa  Tebo Ini. Akhirnya berbagai cabang lomba  dalam Posko Spensa Tebo merupakan  kepemimpinan murid yang bisa diciptakan.

Kegiatan  yang berdampak pada murid  yaitu Posko Spensa Tebo , merupakan salah satu upaya   SMPN 01 kabupaten tebo  dalam  menyediakan berbagai lingkungan yang mampu mendukung kepemimpinan murid. 

Lingkungan kepemimpinan yang ingin diciptakan melalui kegiatan ini adalah; 1).Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif , (2).Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, (3).Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya, ( 4).Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri,sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,(5). Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan, (6). Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri, (7). Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan. 

Jika lingkungan kempemimpinan yang dapat disiapkan satuan pendidikan, seperti 7 jenis lingkungan diatas maka anak akan merdeka untuk berpendapat , berbuat , mencoba sehingga kepemimpinan murid akan tercipta dalam lingkungan komunitas.

Selain itu diperlukan  dukungan komunitas dalam melasanakan kegiatan yang berdampak pada murid seperti pekan olah raga dan seni komunitas SMPN 1 Kabupaten    Tebo. Dukungan  tersebut berasal dari komunitas keluarga, komunitas  kelas, komunitas sekolah dan komunitas luar sekolah . Sehingga dengan adanya berbagai dukungan ini diharapkan kegiatan yang berdampak pada murid atau yang dinamai  Posko Spensa   Tebo ini bisa berjalan dengan lancar sampai puncak kegiatan pada Hari Guru  Nasional 25 – 26 November 2022.

Penulis : Murni ,S.Pd ( Guru SMPN 1  Kab Tebo / Tim  Tebo Pintar )



Diberdayakan oleh Blogger.