Dinas Dikbudpora Kab. Tebo
Selamat datang di situs resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Muara Tebo, Disdikbud – Sekolah Penggerak adalah Katalis untuk Mewujudkan Visi Pendidikan Indonesia. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

 

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

 

Karakteristik Program Sekolah Penggerak

 

1.    Program kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah di mana komitmen Pemda menjadi kunci utama

2.    Memiliki ruang lingkup dan mencakup seluruh kondisi sekolah, tidak hanya sekolah unggulan saja, baik negeri dan swasta

3.    Program dilakukan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi sekolah penggerak

4.    Intervensi dilakukan secara holistik, mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan Pemerintah Daerah

5.    Pendampingan dilakukan selama 3 tahun ajaran dan sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri

 

Tahapan Program Sekolah Penggerak

 

4 tahapan proses transformasi sekolah Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak

 

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam waktu tiga tahun ajaran. Harapannya seluruh sekolah bergerak mencapai tahap 4 (Aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan, Berpusat pada murid, Perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri, Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi, Kepala sekolah dan guru aktif mengembangkan komunitas belajar).

 

Apa itu Program Sekolah Penggerak

 

Program Sekolah Penggerak adalah program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mengakselarasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

 

Mengapa hanya PAUD umur 5-6 tahun yang masuk Sekolah Penggerak?

 

Selaras dengan kebijakan Standar Pelayanan Minimal serta target SDG (Sustainable Development Goals), jenjang PAUD perlu dimaknai sebagai fondasi dari jenjang pendidikan dasar. Sehingga fokus Sekolah Penggerak untuk PAUD adalah penguatan kapasitas satuan PAUD untuk dapat memberikan layanan berkualitas agar anak secara holistik siap bersekolah (siap secara sosial emosional dan kognitif) dengan didampingi oleh keluarga dan ekosistem pendidikan di daerahnya. Fokus pada penguatan kapasitas satuan PAUD, diharapkan akan mengimbas kualitas layanan juga ke peserta didik usia di bawah 5 tahun yang ada di satuan tersebut.

 

Bagaimana cara mendaftar menjadi Sekolah Penggerak?

 

Kemendikbud akan membuka pendaftaran untuk kepala sekolah di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah terpilih untuk menyelenggarakan Program Sekolah Penggerak. Kepala sekolah yang mendaftar akan diseleksi untuk kemudian ditetapkan oleh tim panel.

 

Apa keuntungan bagi sekolah yang menjadi Sekolah Penggerak?

 

Banyak keuntungan yang akan didapat bagi sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak, yaitu:

 

·      Peningkatan mutu hasil belajardalam kurun waktu 3 tahun

·      Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru

·      Percepatan digitalisasi sekolah

·      Kesempatan menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain

·      Percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila

·      Mendapatkan pendampingan intensif

·      Memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran dengan paradigma baru

 

Apa itu Sekolah Penggerak?

 

Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Kepala sekolah dan guru dari Sekolah Penggerak melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan lain.

 

Apakah Program Sekolah Penggerak sama dengan program Sekolah Model atau Sekolah Rujukan?

 

Program Sekolah Penggerak berbeda dengan program sekolah model atau sekolah rujukan.  Perbedaannya adalah, Program Sekolah Penggerak:

 

1.    Merupakan program kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah

2.    Terdiri dari 5 jenis intervensi yang terintegrasi berupa pendampingan konsultatif dan asimetris kepada Pemerintah Daerah, pelatihan dan pendampingan kepala sekolah dan guru, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah

3.    Memiliki ruang lingkup untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SLB, baik sekolah negeri dan swasta mencakup seluruh kondisi

4.    Dilakukan secara berkelanjutan, hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak.

 

Pendaftaran Program Sekolah Penggerak silakan kunjungi pada tautan berikut.


Diberdayakan oleh Blogger.